Sukses

HEADLINE HARI INI:ELITE PARPOL DI PELANTIKAN PRESIDEN 2019, TAK SEKADAR MENYEJUKKAN TAPI MEREKATKAN

Buntut Hujan Batu di Purwakarta, Gubernur Diminta Evaluasi Izin Tambang

Liputan6.com, Purwakarta - Buntut hujan batu di Purwakarta akibat aktivitas perusahaan tambang, anggota DPRD Jawa Barat dari Daerah Pemilihan Karawang dan Purwakarta, Ihsanudin mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengevaluasi izin perusahaan tambang tersebut.

"Pemprov Jabar harus mengevaluasi perusahaan-perusahaan tambang di wilayah Jawa Barat, khususnya perusahaan tambang yang melakukan peledakan dalam melakukan penambangan," kata Ihsanudin dikutip Antara, Kamis (10/10/2019).

Sebelumnya, pada Selasa siang (8/10/2019) secara tiba-tiba bebatuan dari atas tebing berjatuhan ke permukiman warga di bawahnya akibat aktivitas pertambangan PT Mandiri Sejahtera Sentra (PT MSS).

Atas peristiwa itu, tujuh rumah milik warga dan satu bangunan sekolah di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, rusak.

"Saya meminta Pak Gubernur segera mengevaluasi perusahaan-perusahaan tambang yang beraktivitas di Jawa Barat, terutama dalam hal ini PT Mandiri Sejahtera Sentra (PT MSS)," katanya.

Jika terbukti ada kelalaian, ia mendesak agar izin tambang perusahaan tersebut dicabut dan memberikan sanksi tegas. Sebab peristiwa hujan batu itu sangat merugikan masyarakat.

Menurut dia, Pemprov Jabar juga harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Apalagi selama ini proyek pertambangan menggunakan bahan peledak yang bisa dipastikan akan berdampak negatif apabila dilakukan tidak sesuai prosedur.

"Warga yang bermukim di sekitar PT MSS dan perusahaan pertambangan lainnya juga agar berhati-hati dan waspada, serta segera melaporkan apabila terdapat kejanggalan dalam aktivitas tambang," kata dia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bupati Anne Ratna: Keberadaan Hotel Baru Bisa Tunjang Pariwisata Purwakarta
Artikel Selanjutnya
Bupati Anne Keluarkan Kebijakan Pengelolaan Sampah Mandiri