Sukses

Gedung Dibakar Massa, Pelantikan Anggota DPRD Papua Barat Digelar di Lapangan

Liputan6.com, Manokwari - Setelah gedung DPRD dibakar massa beberapa waktu lalu, pelantikan 45 anggota DPRD Provinsi Papua Barat hasil Pemilu 2019 digelar di lapangan terbuka, tepatnya di Lapangan Borarsi Manokwari

"Agar masyarakat juga bisa menyaksikan langsung," ungkap Sekretaris DPRD Papua Barat, Marthinus Amuruf dikutip Antara, Jumat (27/9/2019).

Marthinus menyebutkan, sesuai rencana pelantikan akan digelar pada 2 Oktober 2019.

"Besok saya akan ke Jakarta untuk mengambil SK (surat keputusan) di Kemendagri. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi," katanya.

Meskipun dilaksanakan di tempat terbuka, namun ia yakin pelantikan akan berjalan dengan lancar dan tidak khawatir terhadap potensi gangguan keamanan karena aparat keamanan, baik TNI maupun Polri siap membantu.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Polda Papua Barat juga Kodam Kasuari. Mereka siap amankan, maka saya harap pelantikan berjalan lancar," kata dia lagi.

"Masyarakat yang mau datang menyaksikan, silahkan datang. Ini terbuka untuk siapa saja yang penting sopan dan tidak berbuat keributan karena ada aparat yang akan mengamankan," ujarnya lagi.

Pascakericuhan Manokwari, Agustus lalu, DPRD Papua Barat kini menempati gedung sementara sebagai kantor sekretariat. Saat ini sebagian besar kegiatan DPR dilaksanakan dengan menyewa ruangan hotel.

"Mau bagaimana lagi, yang penting kegiatan DPR berjalan lancar. Gedung dinas yang belum dipakai, kami manfaatkan dulu sambil menunggu pembangunan gedung baru," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: