Sukses

Aksi Menjaga Lingkungan dan Pengibaran Bendera di Laut Sibolga

Liputan6.com, Sibolga - Anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) melakukan hal tak biasa pada peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Mereka melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dari bawah laut.

Aksi tersebut dilaksanakan Komantab di perairan Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Selain pengibaran bendera dari bawah laut, juga dilakukan pengibaran bendera dari atas Bungker Poncan, yang berada di atas bukit.

Kapolres Sibolga, AKBP Edwin H Hariandja, hadir dan mengikuti prosesi upacara dan pengibaran bendera tersebut. Sementara Kasat Sabhara Polres Sibolga, AKP Agus Adhitama, dipercaya menjadi inspektur upacara.

Puluhan peserta upacara berbaris di tepian pantai. Sejumlah penyelam dipimpin Maecenas Adhara Donnya dan Rahmand Maulana Harahap mengerek bendera dari dasar laut. Lagu Indonesia Raya mengiringi sepanjang proses pengibaran berlangsung.

Kapal Polairud, Basarnas, dan sejumlah kapal lainnya melakukan penjagaan. Sementara di Bungker Poncan, prosesi pengibaran bendera dipimpin Afrizal Prima Akhir Pohan dan belasan anggota pramuka.

Di laut bendera yang dikibar berukuran 2x3 meter. Sementara di Bungker Poncan yang terletak di puncak bukit, bendera yang dikibarkan berukuran 4x6 meter.

AKP Agus Adhitama mengapresiasi pengibaran bendera tak biasa tersebut. Selaku Kasat Sabhara Polres Sibolga, Agus merasa bangga dengan kegiatan yang bertujuan positif di daerahnya. Apalagi, kegiatan seperti ini sangat jarang dilakukan di daerah lain.

"Tentunya, ini kegiatan yang harus didukung. Muaranya tentu sangat positif, apalagi bagi generasi muda," kata Agus, Minggu (18/8/2019).

Kapolres Sibolga, AKBP Edwin H Hariandja menyebut, aksi-aksi menjaga lingkungan harus terus digalakkan. Tentunya, hal tersebut untuk mendorong penyelamatan lingkungan. Dirinya juga menyebut agar kampanye perlindungan lingkungan terus digelorakan.

"Karena kitalah yang melindungi lingkungan dan alam kita ini," sebutnya.

Pengibaran bendera dari dalam laut dan di puncak bukit ini menjadi rangkaian Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komantab selama dua hari, yaitu sejak Sabtu, 17 Agustus 2019, dan Minggu, 18 Agustus 2019.

Tidak hanya upacara pengibaran bendera, sejumlah kegiatan lain juga digelar, seperti aksi bersih-bersih pantai, camping pinggir pantai, belajar panahan, diskusi lingkungan, dan peletakan artificial reef.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ahli Komisi Tinggi HAM PBB Buka Suara Soal Kasus Veronica Koman
Artikel Selanjutnya
Indonesia Minta OKI Dorong Isu Israel Caplok Tepi Barat Palestina ke DK PBB