Sukses

Gereja Santo Antonius Muntilan Ubah Jadwal Misa Agar Salat Id Lancar

Liputan6.com, Muntilan - Menyambut hari raya Idul Adha, jadwal misa di gereja katholik Santo Antonius diubah. Perubahan itu dilakukan agar umat muslim yang hendak melaksanakan salat id di lapangan Pasturan yang berdampingan dengan gereja bisa berlangsung lebih kusyu.

Jadwal misa pertama jamnya dimajukan, dan jadwal misa kedua jam diundur waktunya. Perubahan jadwal ini berlaku untuk misa Minggu (11/8/2019) pagi.

Petugas sekretariat Gereja St Antonius Muntilan, Marsi menyebutkan bahwa pergeseran jam tersebut sudah diumumkan kepada umat katholik Paroki St Antonius Muntilan.

"Minggu pagi jam pertama biasanya pukul. 05.30 wib diajukan pukul 05.15 wib, sedangkan jam kedua biasanya pukul 07.30 wib diundur menjadi pukul 09.00 wib," katanya kepada Liputan6.com, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Menurut Marsi, pergeseran jadwal semacam ini sudah biasa dilakukan. Biasanya jika Idul Fitri maupun Idul Adha jatuh pada hari Minggu sehingga salat id digelar di lapangan samping gereja.

Lapangan Pasturan Muntilan yang hendak digunakan untuk salat Idul Adha, berdampingan dengan gereja.

"Ini langkah nyata toleransi. Selain itu juga agar semua lancar dan tak macet. Halaman Gereja juga kami persilakan untuk tempat parkir, dan kami siap menjaga keamanannya," katanya.

Selain mengatur ulang jadwal misa dan menyediakan lahan parkir, petugas keamanan gereja juga disiapkan membantu dan mengatur jalan.

"Khususnya penataan parkir di halaman gereja. Kami berkoordinasi dengan Polsek Muntilan," katanya.

Seperti tahun tahun sebelumnya, lapangan pemda Magelang di Pasturan Muntilan dipergunakan oleh umat muslim untuk salat id hari raya kurban. Diperkirakan 4000-5000 jemaah mengikuti salat ied tersebut.

Salat Idul Adha akan dilaksanakan di Lapangan Pasturan Muntilan, Minggu pagi. Direncanakan sebagai Imam/Khotib direncanakan adalah Kyai Jumari Al Ngluwari. Selama salat Idul Adha berlangsung, jalur lalu lintas dari RSUD Muntilan hingga SMA Vanlith akan ditutup sementara oleh Polsek Muntilan.

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bikin Melek, Sarapan Pagi dengan Satai Rica Bawang Khas Gorontalo
Artikel Selanjutnya
Lomba hingga Urunan Makanan, Ini Kisah Mahasiswa Doktoral RI di AS Rayakan Idul Adha