Sukses

Kabar Tsunami Siap Menerjang Pantai Utara Karawang Hoaks

Slamet menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti BMKG terkait info tersebut. Malah jajarannya telah mengecek langsung ke pantai utara Karawang.

Liputan6.com, Karawang - Masyarakat pesisir pantai utara Karawang, dibuat resah dengan beredarnya pesan berantai yang menyebutkan akan datangnya tsunami sepanjang pantai Karawang hingga Subang, Jawa Barat. "Waspada siaga tsunami," begitu bunyi pesannya.

Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya mengatakan, pesan yang tersebar melalui jejaring sosial Facebook dan WhatsApp bahwa daerah pesisir utara Karawang mulai Pakisjaya hingga Cilamaya itu hoaks.

"Adanya pesan berantai melalui media sosial Itu tidak benar ya. Itu hoaks," ujar Slamet Waloya, Senin (24/12/2018).

Salah satu pesan itu berisi imbauan agar masyarakat Karawang yang mempunyai saudara untuk menjauhi pantai. Beberapa nama pantai pun disebut, seperti pantai Tanjungpakis, Tanjung baru, Samudra baru, Sedari, Pisangan, dan pantai Cilamaya.

Dalam pesan itu, masyarakat juga diminta menjauhi lokasi pantai sejauh 20 kilometer sebagai antisipasi tsunami.

Slamet menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti BMKG terkait info tersebut. Malah jajarannya telah mengecek langsung ke pantai utara Karawang.

"Berkaitan dengan broadcast yang beredar, saya sampaikan itu tidak benar," tegas dia.

Dia pun mengimbau masyarakat Karawang terutama yang bermukim di sepanjang pantai utara untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan soal peristiwa tsunami yang berlangsung di wilayah Banten.

"Tetap tenang, tidak terpancing oleh isu tsunami yang disebar orang yang tidak bertanggungjawab," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.