Sukses

Salat Minta Hujan Pagi Ini di Gasibu Bandung

Sejumlah waduk di Jabar baik Jatiluhur maupun Cirata saat ini debit airnya terus menurun. Agenda salat istisqa atau salah minta hujan pagi ini di Bandung.

Liputan6.com, Bandung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan menggelar salat meminta hujan atau istisqa di Lapangan Gasibu, Bandung, Selasa (15/10/2018) pagi. Salat rencananya digelar pukul 07.30 WIB.

"Insya Allah, salat istisqa akan dilaksanakan besok pagi jam 07.30 WIB di Lapangan Gasibu. Saya meminta keiklasannya untuk seluruh ASN, masyarakat sekitar wilayah Gasibu dan karyawan Telkom, PT Pos untuk bersama-sama melaksanakan shalat istisqo," kata Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/10/2018).

Iwa mengatakan, kondisi sejumlah waduk di Jabar baik Jatiluhur maupun Cirata saat ini debit airnya terus menurun. Karena itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil menurutnya mengambil sejumlah langkah-langkah penanganan.

“Pertama dengan melakukan ikhtiar lewat koordinasi dengan pemerintah pusat yaitu mendorong terjadinya hujan buatan. Kedua sebagai umat beriman kami mengimbau kepada Bupati, Wali Kota dan jajarannya untuk melakukan shalat memohon doa agar Allah menurunkan hujan,” kata Iwa.

Iwa mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar dan jajarannya terkait teknis pelaksanaan salat. Selain itu dia juga memerintahkan Kepala Biro Pelayanan Sosial Setda Jabar untuk melakukan persiapan di mana panitia lokal shalat istisqa adalah DKM Al Muttaqien, Gedung Sate.

Iwa berharap dengan digelarnya shalat secara serentak dan rekayasa cuaca bisa membuat waduk-waduk yang ada di Jabar bisa kembali dipenuhi air. Selain itu areal ladang dan persawahan bisa panen sesuai jadwal karena hujan mulai turun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandung Gelar Salat Istisqa

Sementara itu, pagi tadi ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bandung telah melaksanakan salat istisqa di Plaza Balai Kota Bandung.

Ustad berkebangsaan Yaman, Tyazen Al Hakimi yang juga menantu Wali Kota Bandung Oded M Danial menjadi imam salat. Sementara khotbah salat oleh Ketua MUI Kota Bandung, K.H. Miftah Farid. Salat dua rakaat itu dimulai pukul 07.30 WIB.

Oded menuturkan, salat ini dilaksanakan karena belum turun hukan dan menyebabkan banyak warga kekurangan air. Kendati hujan turun di Kota Bandung dua hari lalu, hal itu tidak menurunkan niat Oded untuk melaksanakan salat istisqa.

"Kita salat meminta kepada Allah, karena banyak warga Kota Bandung yang menjerit kekurangan air. Semoga setelah kita salat, Allah menurunkan karunia berupa hujan yang kita nantikan," tutur Oded.

Ia pun mengimbau aparatur kewilayahan dan seluruh elemen masyarakat untuk juga melaksanakan salat istisqa dan bersama-sama berdoa agar hujan keberkahan segera turun di Kota Bandung.

"Tentu kita berharap hujan ini dapat memberi keberkahan. Saya mengimbau juga aparatur kewilayahan dengan ikhlas berdoa kepada Allah (minta diturunkan hujan)," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini