Sukses

Harapan Perajin Rotan di Malang Selama Tahun Politik

Liputan6.com, Malang - Para perajin rotan di Balearjosari, Kota Malang, Jawa Timur, berharap tak ada guncangan besar selama tahun–tahun politik ini. Sebab, berbagai aksi massa terkait isu politik selama beberapa tahun terakhir ini menyebabkan usaha mereka ikut terdampak.

Ahmad Firdaus, seorang perajin rotan di Balearjosari, Kota Malang, mengatakan, usahanya cenderung turun turun dalam satu tahun terakhir ini lantaran situasi politik yang menyebabkan bahan baku ikut naik.

"Kan di mana–mana sering ada demonstrasi, mungkin banyak pelaku usaha dari luar negeri yang biasa ambil barang dari kami cenderung menunggu kondisi di Indonesia stabil," ujar Firdaus di Malang, Sabtu, 22 September 2018.

Pemilik Sakura Rotan ini mengaku omzet usahanya turun dalam setahun terakhir ini. Sebab, harga bahan baku rotan cenderung naik sejak beberapa bulan terakhir ini. Harga rotan yang diambil dari Surabaya misalnya, naik jadi Rp 38 ribu per kg dari semula Rp 37 ribu per kg.

Dampaknya, omzet usahanya dari rata–rata Rp 25 juta per bulan kini turun jadi Rp 20 juta per bulan. Situasi itu berbeda jika tak terlalu sering terjadi gejolak politik. Jika kondisi stabil, usahanya otomatis akan tetap positif.

"Dulu saat tak terlalu sering ada unjukrasa, usaha bisa tenang. Meski tak ada kenaikan, tapi kan tak sampai turun," ujar Firdaus.

Perajin rotan ini menghasilkan berbagai produk, mulai dari kursi, lampion, tempat tisu dan lain sebagainya. Hasil kerajinannya dikirim ke berbagai daerah seperti Surabaya, Bali maupun Jakarta. Sempat pula ekspor hingga ke negeri jiran Malaysia.

"Sekarang ekspor istirahat dulu, sedang sepi peminat. Tahun depan mungkin menjajagi ke luar negeri lagi," kata Firdaus.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.