Sukses

Perajin Rotan Sukoharjo Pamer Kekompakan Lewat Grebeg Penjalin

Warga antusias berebutan mainan anak dari rotan karya para perajin di Desa Trangsan, Sukoharjo.

Sukoharjo - Masyarakat di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, mengarak empat gunungan setinggi tiga meter melintasi jalan perkampungan pada pekan lalu. Empat gunungan itu berisi berbagai dolanan anak seperti bola, keranjang, dan mobil-mobilan yang terbuat dari rotan.

Arak-arakan gunungan diiringi belasan orang yang memakai kostum karnaval batik berukuran raksasa. Tak berapa lama kemudian, ratusan warga memperebutkan gunungan berisi dolanan anak itu. Mereka terlihat riang saat berebut dolanan anak.

Bahkan, salah satu gunungan nyaris ambruk lantaran masyarakat berdesak-desakan di sekitar gunungan. Gunungan itu merupakan bagian dari kirab budaya Grebeg Penjalin 2018 di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo.

Mayoritas perajin rotan di Desa Trangsan turut berpartisipasi meramaikan kirab budaya rotan. Selama ini, mereka mengandalkan produksi kerajinan rotan untuk mendapatkan penghasilan setiap bulan.

"Grebeg Penjalin kali pertama digelar 2016 yang bertujuan membidik pangsa pasar lokal. Kala itu, kirab budaya hanya diikuti para perajin rotan berskala menengah dan kecil. Nah, kini banyak perusahaan yang juga ambil bagian dalam kirab budaya," kata Ketua Panitia Grebeg Penjalin 2018, Suryanto, saat berbincang dengan Solopos.com.

Pada era 90-an merupakan masa kejayaan para perajin rotan. Mereka kebanjiran pesanan dari luar negeri seperti Jerman, Inggris, dan Tiongkok. Kala itu, jumlah perajin rotan di Desa Trangsan mencapai sekitar 500 orang.

Kini, jumlah perajin rotan di Sukoharjo hanya tinggal separuhnya. Mereka berupaya menjaga eksistensi kerajinan rotan baik di level nasional maupun internasional.

Baca berita menarik dari Solopos.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekompakan Perajin

Grebeg Penjalin menjadi momentum kebersamaan dan kekompakan para perajin lokal berskala kecil hingga besar. Dengan kekompakan dan kebersamaan, bukan mustahil kerajinan rotan bakal merajai pasar luar negeri dan lokal. Tak hanya itu, Grebeg Penjalin difokuskan untuk menciptakan brand dan mempromosikan desa wisata kerajinan rotan kepada masyarakat.

"Ada pameran produk kerajinan rotan, bazar dan wisata edukasi. Kami ingin menjaga eksistensi rotan alami dari serbuan rotan sintetis di pasaran," papar dia.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, mengatakan para perajin rotan harus selalu aktif menambah pengetahuan baik dalam hal bisnis, produksi, desain, pemasaran dan kecenderungan selera konsumen.

Mereka dituntut selalu berinovasi dalam menciptakan desain mebel rotan yang menjadi tren masa kini. Dengan inovasi itu bakal meciptakan desain mebel rotan modern dan sesuai selera pangsa pasar.

"Instansi terkait selalu menggelar pelatihan untuk memotivasi para perajin rotan agar produknya mampu bersaing di pasaran. Strategi promosi efektif bisa meningkatkan omzet penjualan produk kerajinan rotan," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.