Sukses

Kematian Misterius Gajah Betina Jinak di Tempat Konservasi

Tim dokter hewan sempat ragu memutuskan kesimpulan penyebab kematian gajah jinak bernama Retno itu.

Liputan6.com, Banda Aceh - Seekor gajah jinak berkelamin betina berusia sekitar 40 tahun ditemukan mati di Conservation Respons Unit (CRU) Mila, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, gajah jinak tersebut ditemukan mati pada Senin petang, 13 Agustus 2018.

"Gajah betina yang ditemukan mati bernama Retno. Paginya, gajah tersebut masih terlihat ketika pawangnya memberi pakan. Namun sore harinya, gajah tersebut ditemukan mati," kata Sapto di Banda Aceh, Rabu (15/8/2018), dilansir Antara.

Sapto menyebutkan, dari analisis awal ada tanda-tanda keracunan. Itu dibuktikan pendarahan di jantung, usus, dan ginjal.

Namun setelah diperiksa, kata dia, tidak ada jejak racun di usus sehingga bukan berarti gajah itu mati diracun. Temuan itu membuat tim dokter hewan agak ragu membuat analisis penyebab kematian gajah.

Namun dari hasil diskusi tim, lanjut dia, dugaan awal gajah tersebut mati karena minum air sungai yang terpapar tuba ikan. Gajah tersebut memang ditambat di dekat sungai karena kondisi di wilayah itu kekeringan.

Sapto menjelaskan, tuba ikan tidak langsung membunuh gajah. Gajah jatuh setelah minum air sungai yang diduga bercampur tuba. Kemudian, gajah meronta sehingga menyebabkan jantungnya lemah dan kemudian mati.

"Sungai di sekitar tempat itu sering orang menuba ikan. Ditambah lagi kondisi sungai yang debit airnya sedikit akibat kekeringan. Kemungkinan, gajah betina itu meminum air sungai yang bercampur tuba," kata Sapto mengungkapkan.

Analisis itu juga diperkuat tidak ada tanda-tanda mencurigakan, seperti makanan di sekitar gajah tersebut terkontaminasi racun. Begitu juga dengan umur gajah tidak tua sekali yang menyebabkan kematiannya.

"Dugaan sementara kemungkinan karena racun, tetapi bukan diracun. Kalau motif diracun kecil sekali kemungkinannya karena gajah tersebut betina, tidak ada gadingnya," kata Sapto.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.