Sukses

Sinyal Ponsel Saat Pendakian Gunung Papandayan Garut Kini Semakin Jernih

Liputan6.com, Garut - Kabar baik bagi pendaki gunung, kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah dipasangi mini tower seluler. Fasilitas itu membuat jaringan seluler yang selama ini sulit menjadi jernih.

“Kami pasang sebelum Lebaran, sehingga pengunjung tetap berkomunikasi meskipun di gunung," ucap Direktur PT Alam Indah Lestari (AIL), Tri Persada, pengelola lahan alam terbuka kebanggaan masyarakat Garut itu, Selasa sore, 19 Juni 2018.

Tri menjelaskan, pengajuan mini tower ke perusahaan jaringan seluler milik pemerintah itu, merupakan respons atas keluhan pengunjung yang sulit mendapatkan akses telekomunikasi selama berlibur di kawasan Gunung Papandayan.

Untuk tahap awal, pemasangan fasilitas mini yang diberikan Telkomsel itu menggunakan tenaga listrik dari genset yang disipkan pihak pengelola. "Kalau memungkinkan nanti memenuhi kriteria akan dibangun tower di sini," katanya.

Sedangkan daya jelajah sinyal jaringan dari fasilitas yang telah terpasang, sudah mampu menjangkau hingga radius 2,5 kilometer atau sekitar kawasan areal parkir kendaraan dan titik tertentu. Sedangkan waktu koneksi jaringan beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga  20.00 WIB.

"Kami sengaja membatasi waktu dan hanya spot-spot tertentu, karena tujuan mereka datang ke sini adalah menikmati alam, tapi tetap bisa berkomunikasi," paparnya.

Tri menambahkan, selain memberikan kemudahan komunikasi bagi pengunjung, peningkatan fasilitas jaringan ditujukan untuk mempromosikan Gunung Papandayan sebagai destinasi unggulan Garut dan nasional.

"Kalau sudah ada jaringan, foto mereka akan mudah di-upload (diunggah) ke media sosial, dan itu menjadi media promosi kami,” kata dia dengan bangga.

Sejak lama area wisata hasil letusan Gunung Papandayan itu mampu menarik minat jumlah pengunjung yang banyak. Tercatat, beberapa area wisata alam mulai lokasi perkemahan, hutan mati, kawah aktif, taman edelweiss, cottage atau rumah bernuansa alam, dan pemandian air hangat alami siap memanjakan para wisatawan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Arus Balik Selatan Kian Tinggi, Polres Garut Siap Kembali 'Obral' One Way
Artikel Selanjutnya
Silaturahmi Masih Tinggi, Jalur Mudik via Limbangan Garut Padat Merayap