Sukses

Jembatan Ampera Retak di 6.000 Titik, Apa Dampaknya?

Liputan6.com, Palembang - Hasil pengecekan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V menyebutkan pelat lantai Jembatan Ampera Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengalami retak di 6.000 titik karena aus.

"Ausnya pelat itu karena faktor usia mengingat sudah terjadi sejak 2 tahun terakhir," kata Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Metropolitan BBPJN Wilayah V, Suwarno di Palembang, Selasa (22/5/2018), dilansir Antara.

Menurut dia, beratnya beban yang ditahan jembatan itu juga menyebabkan cepat aus. Perbaikan retaknya pelat lantai Jembatan Ampera, kata Suwarno, sebenarnya dilakukan setiap empat tahun sekali.

Pada 2014, misalnya, terdata sekitar 24.000 titik di pelat lantai jembatan tersebut yang mengalami retak. Namun, kata dia, sudah diperbaiki.

Sebelumnya, pada 2010, terjadi keretakan pada pelat lantai jembatan karena terjadinya kebakaran di Kelurahan 10 Ulu Palembang.

"Sekarang pun akan diambil langkah cepat. Perbaikan berupa injeksi antigravitasi di bagian pelat lantai jembatan," katanya.

Injeksi ini dilakukan dengan penyuntikan semen khusus pelat jembatan dari bagian bawah jembatan. Namun, penyuntikan itu baru akan dilakukan seusai pelaksanaan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Hal itu karena BBPJN saat ini fokus pada perbaikan dan pembenahan bagian atas Jembatan Ampera. Perbaikan pelat lantai jembatan itu, menurut dia, memakan waktu sekitar 3 bulan. Biayanya sebesar Rp 8 miliar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Anggaran Perbaikan

Pada tahun ini pihaknya mendapat alokasi anggaran perbaikan Jembatan Ampera sekitar Rp 17 miliar. Anggaran itu sudah termasuk untuk perbaikan di atas dan bawah jembatan.

Suwarno mengatakan bahwa keretakan pada bagian pelat lantai jembatan itu sejatinya tidak menimbulkan masalah bagi struktur jembatan. Namun, ia tak menyangkal bila tidak segera diperbaiki, pelat lantai jembatan bisa jebol dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk perbaikannya.

"Perbaikan pelat lantai ini akan selesai pada bulan Desember 2018," katanya.

Terkait dengan perbaikan di bagian atas Jembatan Ampera, Suwarno menuturkan bahwa saat ini sudah dalam pembongkaran trotoar sebelah kanan (menuju Ulu Palembang). Selanjutnya, akan dipasang granit di trotoar tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS