Sukses

Misteri Potongan Jempol Tangan Manusia di Makam Syeh Baribin

Sepotong jempol manusia ditemukan di sekitar kediaman juru kunci makam ulama yang banyak dikunjungi peziarah, Syekh Baribin

Liputan6.com, Kebumen - Warga Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, geger. Sepotong jempol tangan manusia ditemukan di sekitar kediaman juru kunci makam ulama yang banyak dikunjungi peziarah, Syekh Baribin.

Kapolsek Karangayar AKP Mawakhir mengatakan, jempol manusia itu ditemukan oleh perawat makam, Madsukarto (60), pada Jumat pagi, 15 September 2017, sekitar pukul 06.30 WIB. Namun, penemuan aneh itu baru dilaporkan kepada kepolisian, Sabtu pagi.

"Baru dilaporkan pagi ini oleh warga setempat. Selanjutnya kami, bersama dengan Inafis Polres Kebumen mendatangi lokasi penemuan jempol itu," ucap Kapolsek, Sabtu sore, 16 September 2017.

Mawakhir menerangkan, Madsukarto menemukan jempol itu ketika memperbaiki jaringan air di area komplek makam. Saat itu, ia melihat ada bungkusan warna merah, layaknya azimat, yang tergeletak di tanah.

"Benda itu tergeletak di tanah. Saat dibuka, isinya ternyata potongan jempol manusia. Setelah itu, jempolnya dikasihkan juru kunci makam tersebut," terang AKP Willy.

Mawakhir menduga jempol itu telah menginap semalam di kediaman juru kunci makam Syeh Baribin, Mbah Ramelan (69), yang masih satu komplek dengan makam itu. Sebab, Madsukarto menemukan bungkusan itu ketika kondisi masih sepi.

"Jempol tersebut mungkin diletakkan malam (Kamis malam) di rumah juru kunci makam Syekh Baribin," Mawakhir menjelaskan.

Kepala Subbagian Humas Polres Kebumen, AKP Willy Budiyanto mengatakan, berdasarkan penjelasan Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification (Inafis) Polres Kebumen, jempol tersebut masih terlihat segar, tapi sudah dalam keadaan keras. Saat ini potongan jempol dari orang tak dikenal itu dibawa ke Polres Kebumen untuk diidentifikasi.

"Kemungkinan memang sengaja diawetkan oleh orang yang membungkusnya. Kasus ini masih dalam penyelidikan. Nanti akan kita lakukan pendalaman melalui sidik jarinya," ucap Willy.

Saksikan video pilihan berikut ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.