Sukses

5 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis, Baik untuk Pengidap Diabetes

Selain sebagai bumbu dapur, masyarakat juga memanfaatkan rempah ini sebagai suplemen untuk banyak masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kayu manis adalah rempah berupa kulit kayu, yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bahan masakan. Pemanfaatan kayu manis untuk masakan bertujuan untuk penambah rasa dan aroma.

Selain sebagai bumbu dapur, masyarakat juga memanfaatkan rempah ini sebagai suplemen untuk banyak masalah kesehatan. Seperti, perut kembung, jantung, kulit, dan radang sendi.

Berikut beberapa manfaat air rebusan kayu manis untuk kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengatasi luka kronis

Manfaat air rebusan kayu manis yang pertama yaitu dapat mengatasi luka kronis. Senyawa antimikroba dalam minuman sehat ini efektif membantu mengatasi luka kronis.

Untuk mendapatkan manfaatnya campurkan air rebusan kayu manis dengan peppermint. Gabungan keduanya mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kandungan Cinnamaldehyde pada kayu manis mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat meningkatkan fungsi normal jantung.

Anda harus mengonsumsi setidaknya 1,5 gram atau sekitar ¾ sendok teh kayu manis setiap hari mampu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat dalam tubuh. Pernyataan tersebut berdasarkan Studi dari Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Baik untuk pengidap diabetes

Air rebusan kayu manis juga bermanfaat bagi pengidap diabetes. Hal itu disebabkan oleh kandungan air rebusan kayu manis yang dapat mengurangi resistensi insulin dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sehingga, kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik. Jadi, bagi kamu penderita diabetes manfaatkan lah air rebusan rempah ini.

4. Mengatasi kista ovarium

Penyakit ini merupakan gangguan hormonal yang menyebabkan tumbuhnya kista kecil pada bagian luar ovarium yang tengah mengalami pembengkakan.

Anda bisa mengonsumsi minuman sehat ini untuk mengurangi ukuran kista. Air rebusan kayu manis ini juga membantu membuat siklus menstruasi lebih teratur.

5. Mencegah multiple sclerosis

Kayu manis mengandung sifat antiinflamasi yang bisa menurunkan intensitas gangguan Multiple sclerosis.

Multiple sclerosis merupakan penyakit yang berpotensi melumpuhkan sistem saraf pusat, otak, dan sumsum tulang belakang manusia.

Dengan air rebusan kayu manis dapat menurunkan tingkat keparahan dari penyakit ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini