Sukses

Mengenal Pantai Menganti Kebumen, Pantai dengan Pemandangan Indah Memesona

Pantai Menganti dikenal sebagai salah satu pantai memesona yang ada di Kebumen. Pantai ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan air laut yang jernih.

Liputan6.com, Bandung - Kebumen merupakan kota di Jawa Tengah yang terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki pemandangan alam memesona. Kota ini memiliki destinasi wisata alam menakjubkan mulai dari pantai, goa, hingga air terjun.

Para pecinta alam tentunya wajib untuk menjelajahi keindahan alam yang ada di Kebumen. Wisatawan yang ingin mencari ketenangan dengan menikmati pesona alam juga cocok untuk memilih Kebumen sebagai destinasi wisatanya.

Kota Kebumen menawarkan banyak tempat menakjubkan yang bisa dieksplorasi oleh wisatawan. Bahkan, kota ini sering disebut sebagai kota yang menyimpan surganya destinasi wisata alam.

Wisata alam yang paling populer di Kebumen adalah wisata pantai indah yang tersebar di sepanjang garis pantainya. Saat ini pantai yang tengah jadi sorotan publik adalah Pantai Menganti.

Mengutip dari situs DJKN Kemenkeu, Pantai Menganti dikenal sebagai pantai yang mempunyai air laut jernih dengan keindahan yang masih terjaga. Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Pantai Menganti disebut sebagai pantai terindah se-Jawa Tengah karena keindahan alamnya yang memesona. Kemudian terdapat bentang alam perbukitan berupa tebing karst yang membuat pantai ini sangat memukau.

Keindahan pantainya sering disebut mirip dengan keindahan pantai yang ada di Selandia Baru. Pantai ini juga menyajikan pasir putih yang cantik dan cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu sunrise atau sunset dari atas tebing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Pantai Menganti

Seperti disebutkan sebelumnya, Pantai Menganti memiliki bentang alam perbukitan berupa tebing karst. Pemandangan tersebut menampilkan pesona alam yang cantik bagaikan di pantai yang ada di Selandia Baru.

Tempat wisata ini juga memiliki area berkemah atau camping ground yang bisa digunakan wisatawan untuk berkemah. Serta, ada gua di tepi pantai yang bisa dilihat ketika air laut tidak begitu tinggi atau surut.

Melansir dari Jurnal berjudul “Potensi Dan Pengembangan Objek Wisata Pantai Menganti Di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen” milik Puji Wahyu Widayat dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyebutkan adanya objek wisata menarik.

Salah satu objek wisata yang paling diminati oleh para wisatawan merupakan Saung yang ada di bukit tepi pantai. Saung ini menjadi spot menarik untuk bersantai dan menikmati keindahan Pantai Menganti dari ketinggian.

Kemudian objek wisata menarik lainnya adalah kehadiran menara Mercusuar peninggalan Belanda sejak tahun 1915. Menara Mercusuar tersebut berlokasi di bukit sisi selatan yang menarik perhatian wisatawan.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Harga Tiket Pantai Menganti

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Tempat ini bisa dijangkau dengan menempuh jarak sekitar 40 km dari pusat Kebumen dan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Ketika wisatawan hendak mengunjungi Pantai Menganti perjalanan yang akan dilalui merupakan wilayah perbukitan. Sehingga wisatawan harus berhati-hati jika membawa kendaraan pribadi.

Meskipun harus melalui wilayah perbukitan ketika pengunjung tiba di wilayah Pantai Menganti akan segera disuguhi dengan pemandangan alam yang mempesona. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber tarif masuk ke Pantai ini sekitar Rp 10.000.

Harga tiket tersebut belum termasuk harga tarif parkir kendaraan motor atau kendaraan mobil. Pantai Menganti juga buka selama 24 jam dan sudah tersedia tempat menginap yang bisa disewa.

4 dari 4 halaman

Fasilitas Pantai Menganti

Pantai Menganti sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas utama yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjungnya. Salah satunya fasilitas penginapan baik berupa homestay hingga villa.

Bahkan pengunjung juga bisa memilih penginapan yang langsung menyajikan pemandangan laut dari perbukitan. Kemudian di Pantai Menganti juga tersedia camping ground untuk menikmati aktivitas berkemah.

Wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner yang tersedia di warung makan yang ada di sekitar Pantai Menganti. Tentunya kedai makanan ini membantu pengunjung untuk mengatasi lapar dengan makanan-makanan yang menggugah selera.

Panta Manganti juga memiliki fasilitas umum yang cukup penting seperti musala, toilet, dan tentunya tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.