Sukses

Skywalk Cihampelas Bandung Hadir untuk Manjakan Pejalan Kaki

Liputan6.com, Bandung - Wisatawan dan masyarakat bakal merasakan sensasi yang baru jika berkunjung ke Kota Bandung, Jawa Barat. Terutama saat berada di kawasan Jalan Cihampelas setelah hadirnya Teras Cihampelas atau biasa disebut Skywalk Cihampelas.

Siapa pun dipastikan bakal terkagum-kagum dengan proyek pembangunan jalan di atas jalan raya yang menghabiskan dana hingga Rp 45 miliar. Skywalk Cihampelas sepanjang 450 meter dengan lebar tujuh meter itu menyuguhkan dekorasi cantik perpaduan dari alam dan unsur modern.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meresmikan Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Selain itu wisatawan bisa berbelanja dan membawa buah tangan khas Kota Kembang. Sebab, ada sebanyak 182 pedagang dibagi dalam tiga zona, yaitu kuliner, suvenir, dan taman.

Namun ada satu syarat untuk bisa ke tempat ini. Para pelancong diharuskan berjalan kaki karena tidak ada sepeda motor, mobil bahkan sepeda sebagai alat transportasi untuk bisa menikmati tempat tersebut

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan proyek ini merupakan satu-satunya di Indonesia bahkan di dunia dengan konsep jalan di atas jalan raya dan berisi pedagang kaki lima serta dikelilingi pepohonan.

"Ini pertama kalinya di Indonesia ada jalan di atas jalan dan dengan bentuknya seperti ini juga jadi pertama di dunia, yaitu kanan kirinya pohon, berbeda sama New York," ucap dia saat peresmian Skywalk Cihampelas, Sabtu, 4 Februari 2017.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meresmikan Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan pembangunan ini merupakan salah satu impian karena bisa mengurangi kemacetan di sepanjang Jalan Cihampelas, lantaran pedagang kaki lima atau PKL dan memberikan solusi yang menguntungkan.

"Menata kota tidak mudah sekarang harus kreatif, membangun itu bisa di bawah tanah, di atas tanah. Kalau ke Jepang, mal-mal itu sudah di bawah tanah karena harga tanah sudah mahal."

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meresmikan Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

"Kita harus bisa cari solusi untuk masalah kemacetan. Jadi impiannya jalan kaki tanpa ketemu motor atau mobil. Dan masalah PKL juga bisa disini. Alhamdulillah semua bisa terpenuhi. Saya ingin siapa yang ke Bandung bahagia termasuk untuk orang Bandungnya," Wali Kota Ridwan Kamil memungkasi penjelasan soal Skywalk Cihampelas.