Sukses

Ridwan Kamil: Tak Semua Ruas Jalan Cihampelas Bandung Ditutup

Liputan6.com, Bandung - Warga Kota Bandung, Jawa Barat, sebaiknya menghindari Jalan Cihampelas atau sejak persimpangan Jalan Bapa Husein hingga simpang Jalan Prof Eyckman. Sebab, Jalan Cihampelas bakal ditutup terkait pembangunan skywalk.

Penutupan jalurĀ Cihampelas mulai berlaku pada Rabu (9/11/2016) hingga Minggu (20/11/2016) selama 12 jam setiap harinya atau sejak pukul 20.00-08.00 WIB.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan keputusan tersebut diambil setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar pertemuan dengan kontraktor, pedagang dan kepolisian.

Pada awalnya rencana penutupan dilakukan sebanyak dua kali dalam satu hari, yaitu pada pukul 08.00-17.00 WIB dan 23.00-05.00 WIB. Namun karena mengganggu para pelaku usaha, rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

"Jadi penutupan di malam hari saja hanya lebih awal, karena dari midnight ke subuh itu enggak cukup waktunya. Mungkin tutup jam 8 malam. Itu silakan sosialisasikan," ucap Ridwan Kamil di Bandung, Selasa, 8 November 2016.

Selain itu dari hasil pertemuan diputuskan jika penutupan tidak dilakukan pada seluruh ruas Jalan Cihampelas, sehingga wisatawan masih bisa berkunjung di kawasan wisata belanja itu pada malam hari.

"Jadi penutupannya bukan sepanjang ratusan meter, dia menutup hanya di titik tertentu pada saat dibutuhkan. Itu bisa ada rekayasa lalu lintas di kepolisian, jadi bukan sepanjang Jalan Cihampelas," ujar dia.

Sementara itu, pihak kepolisian telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk penutupan Jalan Cihampelas sejak persimpangan Rumah Sakit Advent (Jalan Bapa Husen-Cihampelas) hingga Jalan Prof Eyckman.

Penutupan Jalan Cihampelas, Kota Bandung, berlaku pada malam hari, mulai pukul 20.00 hingga 08.00 WIB. (Liputan6.com/Aditya Prakasa)

Kendaraan dari arah Setiabudhi akan diarahkan ke Jalan Lamping dan Jalan Bapa Husen kemudian menuju Jalan Sampurna. Selanjutnya, dibelokkan ke Jalan Sejahtera masuk ke Jalan Makmur dan belok ke Jalan Eyckman sebelum kembali ke ruas Jalan Cihampelas.

Jika kepadatan telah terjadi, pihak kepolisian akan memberlakukan contraflow atau dua arah di Jalan Cipaganti namun bersifat situasional.

Pemerintah Kota Bandung kini tengah menggencarkan pembangunan jalan layang bagi pejalan kaki (skywalk) dengan panjang sekitar 500 meter di kawasan Cihampelas.

Proyek yang menghabiskan Rp 43 miliar ini merupakan sebuah inovasi dari Pemkot Bandung untuk menata keberadaan pedagang kaki lima atau PKL. Nantinya para PKL yang biasa berjualan di area pusat perbelanjaan akan dipindahkan di sepanjang Skywalk Cihampelas.

Loading