Sukses

Jalan Cihampelas Bandung Ditutup Mulai Jam 8 Malam

Liputan6.com, Bandung - Skenario penutupan Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat, hanya diberlakukan untuk malam hari. Menurut Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung AKP Dewi Hatija, penutupan Jalan Cihampelas agar tidak mengganggu aktivitas perekonomian di kawasan tersebut.

"Penutupan hanya berlaku pada malam hari, mulai pukul 20.00 sampai 08.00 WIB. Pertimbangannya, agar tidak mengganggu aktivitas ekonomi di Jalan Cihampelas," ucap Dewi di Kota Bandung, Selasa (‎8/11/2016).

Sebelumnya, arus kendaraan di Jalan Cihampelas akan direkayasa untuk sementara waktu, dengan cara penutupan jalan serta pengalihan lalu lintas. Langkah ini ditempuh berkaitan dengan pembangunan konstruksi infrastruktur skywalk yang membuat arus lalu lintas terhambat.

Rekayasa tersebut akan berlangsung dalam dua waktu, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, kemudian dilanjutkan pukul 20.00 hingga 05.00 WIB. Dalam waktu tersebut, jalan ditutup total, dan arus lalu lintas dialihkan ke sejumlah ruas jalan di sekitar. Pola rekayasa tersebut akan berlangsung selama 10 hari ke depan.

Namun dalam perkembangannya, skenario tersebut diubah. Penutupan hanya berlangsung pada malam hari. "Untuk jalur alternatifnya tetap sama, yang berubah hanya waktunya saja," ujar Dewi.

Saat ini arus lalu lintas di sekitar pembangunan Skywalk Cihampelas tetap bergerak meski ada kepadatan. Sejumlah pekerja proyek melanjutkan pengerjaan, termasuk menggunakan alat berat. Sejumlah toko dan unit usaha lainnya tetap beroperasi seperti biasa.‎

2 dari 2 halaman

Kontraktor Minta Tambahan Waktu

Sehari sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan pihaknya belum memutuskan waktu penutupan jalan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung masih menunggu pertemuan dengan kontraktor serta pelaku usaha di sekitar lokasi pengerjaan.

Menurut Ridwan Kamil, awalnya penutupan hanya dilakukan pada malam hari. Namun demi mengejar target selesai akhir Desember tahun ini, pihak kontraktor meminta tambahan penutupan diberlakukan pada siang hari.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, meminta masyarakat Bandung untuk menunggu keputusan resmi dari Pemkot Bandung dan menghiraukan pesan berantai yang tersebar di media sosial.

"Jadi tunggu keputusan resmi saja karena baru malam ini mau dipanggil, berarti besok lusa diumumkan, jadi itu belum berlaku (penutupan)," ujar Emil saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin, 7 November 2016.

Pemkot Bandung tengah membangun jalan layang bagi pejalan kaki (skywalk) dengan panjang sekitar 500 meter di kawasan Cihampelas, Kota Bandung.

Proyek yang menghabiskan Rp 43 miliar ini merupakan sebuah inovasi dari Pemkot Bandung untuk menata keberadaan pedagang kaki lima. Nantinya para pkl yang biasa berjualan di area pusat perbelanjaan akan dipindahkan di sepanjang Skywalk Cihampelas Bandung.

Loading