Sukses

Presiden Ukraina Sowan ke Sultan Yogya

Kunjungan Presiden Ukraina ke Keraton Yogya merupakan salah satu agenda lawatannya ke Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah Jakarta, Presiden Ukraina Preto Poroshenko melanjutkan kunjungan kerja di Indonesia. Bersama keluarga, Poroshenko kali ini mengunjungi Sri Sultan HB X di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kota Yogyakarta.

Seperti dilansir Antara, Presiden Poroshenko bersama rombongan tiba di Kompleks Keraton Yogyakarta pada Sabtu (6/8/2016) pukul 12.30 WIB.

Memasuki Regol Donopratopo, Presiden Ukraina bersama istri dan empat anaknya disambut oleh Raja Keraton Yogya, Sri Sultan HB X didampingi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dengan diiringi tabuhan gending Monggang.

Turut menyambut pula keempat putri Sultan, GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, dan GKR Bendoro.

Setelah memasuki area dalam keraton, Sultan yang mengenakan surjan bermotif bunga langsung mempersilakan Presiden Poroshenko menuju Tratak Proboyekso. Di Tratak itu, Sultan memamerkan sejumlah koleksi pusaka simbol kebesaran keraton, termasuk koleksi keris, wayang, serta sejumlah surat kuno.

Presiden Ukraina, Petro Poroshenko bersama Gubernur DIY Sultan HB X melintasi Bangsal kencono kraton kesultanan Yogyakarta, (6/8). Usai ke kraton, Petro Poroshenko rencananya akan mengunjungi Candi Borobudur dan Prambanan. (Liputan6.com/Boy Harjanto)

Presiden Ukraina juga sempat diperlihatkan demo tatah sungging atau tata cara membuat wayang kulit serta teknik membatik. Sebelum acara santap siang di Bangsal Manis, Poroshenko dan keluarga menyempatkan berbincang-bincang dengan Sultan di Gedong Jene di kompleks keraton.

"Beliau bersama istri dan anak-anaknya hanya berdialog secara kekeluargaan saja. Hanya ada harapan menghubungkan kota-kota (di Ukraina) yang cocok dengan Yogyakarta untuk sister province," kata Sultan HB X usai kunjungan itu.

Kunjungan Presiden Ukraina ke Keraton Yogyakarta merupakan salah satu agenda lawatannya ke Indonesia. Setelah meninggalkan Keraton Yogyakarta, Presiden Poroshenko dan keluarga melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.