Sukses

Warna-warni Masjid Kue Kancing di Solo

Dibutuhkan sekitar delapan ribu kue kancing untuk menghiasi masjid di Solo tersebut.

Liputan6.com, Solo - Warna-warni kue kancing bertabur di setiap sudut bangunan sebuah masjid di Solo, Jawa Tengah. Masjid jadi indah dan menawan.

Dibutuhkan sekitar delapan ribu kue kancing untuk menghiasi masjid tersebut. Masjid 'manis' itu merupakan replika yang berukuran 100 cm x 80 cm.

Bangunan mini tersebut sengaja dipajang di lobi sebuah hotel untuk memeriahkan Ramadan. Seperti diungkapkan General Manager Hotel The Sunan Solo Retno Wulandari.

Dia mengatakan, sebelum ini hotel tersebut pernah menampilkan miniatur masjid dari buah kurma. Namun tahun ini sengaja dipilih kue kancing yang berwarna-warni.

"Kue kancing dipilih karena itu merupakan kue tradisional yang sudah ada sejak lama. Jadi, kami ingin mengajak para tamu maupun orang yang melihat replika masjid dari kue kancing untuk bernostalgia ke masa lalu," kata Retno di Solo, Jawa Tengah, Selasa (14/6/2016).

(Reza Kuncoro/Liputan6.com)

Dia melanjutkan, kue-kue yang memiliki toping berwarna-warni itu selanjutnya disusun menggunakan lem berbahan terigu, tanmiem (sejenis maizena) dan telur ini mengikuti kerangka bentuk replika masjid yang terbuat dari styrofoam.

"Proses pengerjaannya memakan waktu selama empat hari untuk membuat replika masjid dengan tinggi 100 cm dan diameter 80 cm," kata Retno.

Dia menambahkan, keberadaan miniatur masjid kue kancing tersebut diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi tamu maupun pengunjung hotel. Karena itu tak jarang yang memanfaatkannya untuk berselfie dengan latar belakang masjid kue tersebut.

"Untuk itu miniatur masjid kue kancing ini akan dipasang di lobi hingga Lebaran nanti," ucap Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini