Sukses

Ingin Punya Atlet Unggul, Banten Bangun Sekolah Khusus Olahraga

Rencananya sekolah khusus olahraga di Banten tersebut untuk jenjang SMP dan SMA.

Liputan6.com, Serang - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemuda dan Olahraga berencana mendirikan sekolah khusus olahraga bagi para pelajar di Banten yang memiliki bakat olahraga untuk meningkatkan prestasi olahraga di Banten.

"Tahun ini untuk perencanaannya sudah masuk pembahasan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera terwujud," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banten M Ali Fadilah di Serang, dikutip Antara, Jumat, 13 Mei 2016.

Ali mengatakan rencana pendirian sekolah khusus olahraga tersebut dalam upaya menjaring dan membina anak-anak Banten yang memiliki bakat dalam berbagai bidang olahraga.

Sekolah yang khusus memberikan pendidikan olahraga tersebut diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet Banten yang mampu meningkatkan prestasi olahraga di Provinsi Banten.


"Anak-anak yang selama ini berpotensi dalam olahraga belum digali secara optimal karena tidak ada sekolahnya khusus. Nanti sekolah ini dibiayai oleh pemerintah alias gratis, tentunya khusus bagi siswa yang lolos seleksi dan bakatnya olahraganya sudah terlihat," kata Ali.

Rencananya, sekolah khusus olahraga tersebut untuk jenjang SMP dan SMA dengan berbagai bidang pendidikan olahraga yang disediakan seperti sepak bola, bola voli, bulu tangkis dan cabang olahraga lainnya.

"Ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan lahan yang luas, karena untuk kepentingan penyediaan fasilitas olahraganya harus lengkap," kata Ali.

Bappeda Banten disebut sudah mengarahkan lokasi pembangunan sekolah olahraga tersebut berada di wilayah Kabupaten Pandeglang, di sekitar sekolah unggulan SMA Madani Banten Boarding School (CMBBS) yang juga milik Pemerintah Provinsi Banten.

"Jika tahun ini sudah ada persetujuan, tinggal melakukan Feasibility Study (FS) dan Detail Enginering Design (DED). Untuk pembangunan fisiknya nanti urusan Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP)," kat dia.

Sebelumnya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten melakukan studi banding ke Dispora Kaltim di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Kunjungan itu untuk melihat pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga melalui pendirian sekolah khusus Olahragawan Internasional (SKOI).

Studi banding tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Prestasi Olah Raga Pelajar Dispora Banten, Djajuli Hasan.

Djajuli mengatakan, alasan pihaknya memilih Kaltim untuk studi banding lantaran, SKOI Kaltim juga disebut menjadi acuan pendirian SKOI di Indonesia serta SKOI Kaltim didesain khusus bagi olahragawan jenjang pendidikan SMP dan SMA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini