Sukses

Tebing Longsor, Jalur Bengkulu-Sumsel Ditutup

Seluruh kendaraan yang terjebak macet saat ini tidak bisa berbalik arah.

Liputan6.com, Bengkulu - Jalan lintas Bengkulu menuju Sumatera Selatan lumpuh total. Sebanyak dua titik longsor menimbun akses jalan pagi ini.

Material longsor berupa tanah dan bebatuan menimbun jalan di kilometer 32 Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Akibatnya terjadi antrean sepanjang dua kilometer dari Bengkulu menuju Sumatera Selatan dan sebaliknya.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah Tomi Marisi mengatakan, material longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian 3,5 meter di dua titik yang hanya berjarak 500 meter.

"Semua kendaraan, baik empat maupun roda dua tidak ada yang dapat melintas, longsor terjadi karena tebing yang runtuh akibat struktur tanah yang labil," ujar Tomi di Bengkulu, Kamis (12/5/2016).

Seluruh kendaraan yang terjebak macet saat ini tidak bisa berbalik arah, sebab pada sisi kiri jalan merupakan tebing dan di sisi kanan adalah jurang sedalam 15 meter. Para pengguna jalan saat ini berupaya untuk menyingkirkan ranting pohon yang menutupi jalan secara manual.

BPBD setempat juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk meminta bantuan alat berat demi membersihkan material longsor secepatnya.

Seorang pengendara yang terjebak macet, Anwar Ibrahim yang akan berangkat menuju Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan mengaku terjebak sejak pukul 08.00 WIB.

"Terpaksa saya menunggu, untuk putar balik sudah tidak bisa, ini satu satunya akses jalan menuju Lahat, saya akan tetap tunggu sampai jalan ini bisa dilewati," ucap Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini