Sukses

Ini Hadiah bagi Peraih Nilai UN Tertinggi se-Sulut

Liputan6.com, Manado - Meski Ujian Nasional (UN) tidak lagi menentukan kelulusan, bukan berarti para pelajar bisa santai. Sebuah hadiah menarik tersedia bagi siswa peraih nilai UN tertinggi se-Sulawesi Utara (Sulut).

Pemerintah Provinsi Sulut menyiapkan hadiah belajar bahasa Inggris ke Amerika Serikat bagi mereka. "Lima siswa dengan nilai UN tertinggi kita kasih kesempatan belajar bahasa Inggris ke Amerika," ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai membuka naskah soal UN di SMAN 1 Airmadidi, Minahasa Utara, Senin (4/4/2016).

Olly menyatakan kebijakan itu bertujuan memotivasi para siswa menjalani UN. "Kita sudah tata anggarannya tahun ini," kata Olly.

Adapun hadiah berbeda disiapkan bagi para siswa SMK. Saat memantau pelaksanaan UN di SMKN 3 Manado, Olly berjanji memboyong siswa terbaik di sekolah itu belajar ke Tiongkok.

"Ini sekolah kejuruan terkait pariwisata dan perhotelan. Sangat menunjang jika mereka menguasai bahasa Mandarin. Jadi, kita juga siapkan siswa terbaik untuk belajar ke Cina," ujar Olly.

Sekretaris Dinas Diknas Sulut Christian Sumampow menyebutkan jumlah peserta UN SMA/SMK di wilayah itu sebanyak 31.096 siswa. Rinciannya adalah 16.243 siswa dari 205 SMA, 201 siswa dari 14 SMTK, 36 MA dengan jumlah siswa 1.354 siswa, dan 13.298 siswa dari 168 SMK.

Loading