Sukses

Dalam 1 Jam, Prangko Gerhana Matahari Habis Diborong

Ada 3 model gambar prangko gerhana, yaitu sebelum gerhana, saat gerhana, dan sesudah gerhana.

Liputan6.com, Yogyakarta - Prangko bertema gerhana matahari total yang diproduksi PT Pos Indonesia, laris diserbu masyarakat di area Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

Staf Filateli Kantor Pos Yogyakarta, Galih Heskaning mengatakan, prangko khas gerhana yang dijual di alun-alun utara dan masjid Gedhe Kauman habis dalam hitungan menit.

"Mulai djual sejak 1 Maret dan sudah habis. Tadi kita jual sisa 25 lembar, tidak sampai 1 jam sudah habis. Sebenarnya dari kemarin mungkin sudah habis tapi karena ada event ini makanya hanya dijual di alun alun," ujar Galih, Rabu (9/3/2016).

Galih mengatakan, kantor Pos Indonesia menyediakan beberapa jenis produk pos yaitu prangko souvenir sheet, sampul hari pertama, dan medallion bertema gerhana matahari total. 

Namun untuk kantor Pos Yogyakarta hanya disediakan prangko saja dan mendapat jatah 100 lembar. Per lembar 24 keping dengan harga per kepingnya 3 ribu.

Ada 3 model gambar prangko gerhana, yaitu sebelum gerhana, saat gerhana, dan sesudah gerhana. Karena terbatasnya prangko gerhana ini, Pos Yogya juga menyediakan cap khusus gerhana yang bisa dicapkan pada postcard atau prangko.

"Mau ngecap khusus hari ini dan tanggalnya stempel. Yang membuat perangko itu berbeda kan capnya. Capnya gratis. Jamnya kita setting jam 7," ujar Galih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini