Sukses

9 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa, Mudah dan Ampuh

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa dilakukan dengan memenuhi asupan cairan dan menjaga kesehatan bibir.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa perlu diperhatikan. Hal ini tentunya sudah menjadi hal umum bagi setiap orang saat berpuasa. Bibir kering dan pecah-pecah dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dalam beraktivitas dan beribadah.

Asupan cairan yang kurang di dalam tubuh menjadi penyebab utama bibir kamu menjadi kering. Jadi, kamu harus memperhatikan asupan cairan, terutama air putih saat buka puasa serta sahur.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa dilakukan dengan memenuhi asupan cairan dan menjaga kesehatan bibir. Selain asupan cairan yang kurang, perawatan bibir dari luar juga perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/4/2021) tentang cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perhatikan Asupan Cairan

Minum Banyak Air Putih Saat Buka dan Sahur

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang pertama adalah dengan minum air putih. Kamu harus minum air putih yang banyak saat berbuka dan sahur. Dengan minum air putih ketika berbuka dan sahur akan membantu mencegah bibir kering terjadi pada siang hari ketika berpuasa. Kamu juga sebaiknya menghindari minuman manis di bulan puasa ini.

Hindari Minuman Berkafein

Selama menjalankan ibadah puasa, hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Kandungan kafein tersebut tak lain dapat bersumber dari kopi hingga teh. Kandungan kafein disebut mampu mengurangi kelembapan kulit sehingga menimbulkan banyak gangguan seperti kulit kusam hingga bibir kering dan pecah-pecah.

3 dari 5 halaman

Perhatikan Asupan Makanan

Makan Sayur dan Buah Saat Buka 

Makan sayur dan buah sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dapat diterapkan sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa. Apalagi dengan kandungan vitamin C yang ada pada sayur dan buah tersebut akan sangat membantu dalam mencegah bibir kering pada siang hari saat berpuasa.

Hindari Makan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin dapat membuat bibirmu menjadi kering. Makanan pedas dan asin ini memang banyak disukai orang orang dengan kelezatannya. Namun, sebaiknya pada bulan puasa kamu menghindari makanan ini karena bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Jadi jangan sampai makan makanan yang pedas dan asin ketika berbuka maupun ketika sahur.

4 dari 5 halaman

Mengoleskan Bahan Alami

Oleskan Madu Sebelum Makan Sahur 

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya adalah dengan mengoleskan bahan alami, salah satunya madu. Madu memang terkenal sangat bagus untuk perawatan kulit. Menggunakan madu merupakan salah satu cara sederhana untuk mengatasi bibir kering saat puasa.

Kamu bisa mengoleskan madu ke bibir sebelum makan sahur, sehingga bibir masih akan terasa lembap pada siang harinya. Tapi kamu harus berhati-hati, jangan mengoleskan madu ke bibir di siang hari saat berpuasa, tentunya hal tersebut dapat membatalkan puasa kamu.

Oleskan Mentimun Saat Buka dan Sahur 

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah juga bisa menggunakan mentimun. Kamu bisa mengiris timun secukupnya lalu memasukkannya ke dalam air dingin. Lalu kamu dapat mengoleskannya ke bibir ketika berbuka puasa maupun saat sahur. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari bibir kering dan pecah pecah saat berpuasa.

5 dari 5 halaman

Menjaga Kelembapan Bibir

Jangan Menjilat Bibir

Menjilati bibir merupakan kebiasaan banyak orang ketika bibir kering. Hal ini disebabkan karena dengan menjilatinya, bibir akan kembali lembap. Namun ternyata hal tersebut salah.

Bibir hanya akan lembap untuk sementara dan akan lebih kering setelah itu bila kamu menjilatinya. Permukaan lidah yang kasar berperan dalam menghilangkan kelembapan bibir kamu. Sehingga bibir menjadi kering dan bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah.

Gunakan Lip Balm

Menggunakan lip balm tentunya memang bertujuan sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Hanya dengan mengoleskan lip balm di bibir, kamu bisa mengatasi bibir kering saat berpuasa. Namun kamu harus pastikan untuk menggunakan lip balm yang tidak ada rasa dan wanginya. Kamu juga harus hati-hati dalam pemakaian lip balm ini agar tidak membatalkan puasa.

Kurangi Penggunaan Lipstik

Penggunaan lipstick juga dapat mengakibatkan bibir kering. Hindarilah terlalu sering mengguakan lipstik di bulan puasa agar bibir tidak kering. Kamu bisa mengganti lipstik dengan lip balm berwarna bila memang harus menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.