Sukses

17 Istilah Populer di Bulan Ramadan, Jangan Sampai Salah

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dirindukan. Pada bulan ini banyak aktivitas yang tak akan bisa ditemukan di bulan-bulan lainnya. Suasana di bulan Ramadan pastinya jadi berbeda dibanding hari-hari lainnya.

Di bulan Ramadan juga muncul berbagai istilah populer. Istilah populer di bulan Ramadan ini banyak digunakan selama bulan suci ini berlangsung. Mulai dari ucapan, aktivitas, hingga jenis-jenis ibadah, istilah populer ini penting diketahui.

Istilah populer di bulan Ramadan ini kebanyakan berasal dari bahasa Arab. Dengan memahami istilah-istilah ini, kamu akan menyambut bulan Ramadan dengan penuh makna dan suka cita. Berikut istilah populer di Bulan Ramadan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(05/04/2021).

2 dari 7 halaman

Istilah populer di Bulan Ramadan

Ramadan Mubarak

Ramadan Mubarak kerap kali diucapkan saat menyambut bulan Ramadan. Ramadan Mubarak berarti Ramadan yang diberkati atau Ramadan bahagia. Ucapan ini merupakan yang paling umum selama bulan Ramadan.

Istilah Ramadan Mubarak ini juga tertuang dalam hadis yang berbunyi:

“Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad).

Ramadan Karim

Selain Ramadan Mubarak, Ramadan Karim juga kerap menghiasi ucapan-ucaman Ramadan. Ramadan Karim artinya Ramadan yang murah hati atau semoga Ramadan bermurah hati untukmu. Meski menjadi ucapan yang populer, sejumlah ulama merasa ucapan ini kurang tepat.

Ini karena kareem yang berarti murah hati tidak tepat disandingkan dengan Ramadan. Alasannya, bukan Ramadan yang memiliki sifat murah hati, namun Allah lah yang menjadikannya demikian. Sehingga yang memiliki sifat murah hati adalah Allah, bukan Ramadan. Maka dari itu lebih disarankan menggunakan ucapan Ramadan Mubarak yang lebih umum artinya.

Shaum

Shaum merupakan bahasa Arab dari berpuasa. Shaum Ramadan merupakan shaum yang wajib dijalankan umat Islam. Shaum atau puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

3 dari 7 halaman

Istilah populer di Bulan Ramadan

Iftar

Iftar adalah istilah Arab yang berarti buka puasa. Iftar merupakan makan malam yang dilakukan umat Islam untuk mengakhiri puasa Ramadannya. Iftar juga mengacu pada perjamuan saat Muslim berbuka puasa selama bulan Ramadan. Iftar biasa dilakukan oleh sekelompok orang atau komunitas yang berbuka puasa bersama.

Takjil

Menurut KBBI, takjil berati mempercepat dalam berbuka puasa. Takjil berasal dari bahasa Arab ‘ajjala-yu’ajjilu yang artinya menyegerakan. Artinya takjil adalah menyegerakan diri untuk membatalkan puasa saat waktunya tiba yang merupakan sunah berpuasa.

Di Indonesia Takjil juga berarti makanan untuk membatalkan puasa. Takjil biasanya berupa makanan manis atau makanan ringan untuk membatalkan puasa.

Imsak

Imsak merupakan waktu di mana umat Islam harus bersiap-siap untuk berhenti makan sahur. Waktu imsak biasanya berjarak 10 menit sebelum azan subuh. Ketika waktu imsak, dianjurkan untuk menyelesaikan makan dan mempersiapkan diri untuk berpuasa.

4 dari 7 halaman

Istilah populer di Bulan Ramadan

Qiamulail

Qiamulail merupakan ibadah yang dilakukan pada malam hari. Qiamulail termasuk amalan utama di Bulan Ramadan. Qiamulail yang bisa dilakukan adalah salat tahajud, witir tahajud, dan salat malam lainnya. Ibadah lain yang bisa dilakukan adalah membaca Al Quran, zikir, dan berdoa di malam hari.

Nuzulul Quran

Nuzulul Quran secara harfiah berarti turunnya Al-Quran. Ini merupakan peristiwa turunnya Al Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW, biasanya diperingati pada hari ke-17 Ramadan. Nuzulul Quran merupakan hari di mana wahyu pertama Al-Quran diturunkan. Biasanya Nuzulul Quran diperingati dengan tadarus dan memperbanyak ibadah.

Lailatulkadar

Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Sebagian besar ulama menjelaskan jika malam Lailatul Qadar umumnya datang di malam ganjil 10 hari terakhir Ramadan, Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa malam penuh kemuliaan ini akan datang di malam-malam genap.

Di malam ini, ketentuan ajal juga rezeki juga akan kembali dicatat dan ditetapkan. Siapa yang mendirikan salat malam dengan sungguh-sungguh di malam ini, Allah juga akan menjamin pengampunan untuknya. Allah bahkan akan menggugurkan dosa-dosa yang pernah dibuatnya selama ini.

5 dari 7 halaman

Istilah populer di Bulan Ramadan

Tarawih

Salat tarawih adalah ibadah yang disunahkan saat bulan Ramadan. Ibadah ini dilakukan setelah menjalankan salat Isya di tiap malam bulan Ramadan. Salat tarawih termasuk qiyamul lail atau salat malam, tapi salat tarawih hanya dilakukan pada bulan Ramadan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Witir

Setiap salat tarawih akan ditutup dengan salat witir. Salat witir bertujuan mengganjilkan salat sunah yang dikerjakan. Salat witir merupakan salah satu salat sunnah muakkad, artinya yaitu sangat dianjurkan. Disebut salat witir karena jumlah rakaatnya ganjil. Jika kamu telah selesai menjalankan salat tarawih dan tidak bermaksud mengerjakan salat sunnah lainnya, disarankan untuk menutupnya dengan salat witir.

Iktikaf

Iktikaf dalam konteks ibadah Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah atas perbuatan-perbuatannya. Melakukan iktikaf saat Ramadan amat erat kaitannya dengan kemuliaan malam lailatul qadar. Dipercaya bahwa malam Lailatul Qadar datang pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan, oleh sebab itu amat dianjurkan untuk menjalankan iktikaf pada waktu tersebut.

6 dari 7 halaman

Istilah populer di Bulan Ramadan

Tadarus

Tadarus berasal dari kata darosa - yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran. Tadarus bisa berarti mengaji atau membaca Al Quran. Aktivitas ini dalam agama Islam termasuk ibadah dan orang yang melakukannya akan mendapatkan ganjaran dari Allah.

Zakat fitrah

Selain berpuasa, salah satu kewajiban di bulan Ramadan adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas individu Muslim yang sudah memenuhi syarat. Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat.

Zakat fitrah harus dikeluarkan setahun sekali pada saat awal bulan Ramadhan hingga batas sebelum salat hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah yang dikeluarkan nantinya akan disalurkan pada penerima zakat fitrah.

Fidyah

Fidyah berasal dari kata “fadaa” yang memiliki arti mengganti atau menebus. Fidyah merupakan cara seseorang dengan kriteria tertentu untuk mengganti puasa Ramadan yang ditinggalkan dengan cara memberi makan orang miskin. Fidyah hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk berpuasa dalam jangka waktu lama atau bahkan selamanya.

7 dari 7 halaman

Istilah populer di Bulan Ramadan

Muzaki

Muzaki adalah pemberi zakat, yaitu muslim yang memiliki kecukupan dalam memenuhi kebutuhan pokok: pangan, sandang dan papan (pra-modern), serta kesehatan dan pendidikan. Seseorang terkena kewajiban membayar zakat jika memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Ngabuburit

Istilah ngabuburit saat bulan Ramadan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Istilah ngabuburit ini diketahui berasal dari bahasa Sunda, yakni burit atau sore hari menjelang magrib. Ngabuburit biasanya dilakukan dengan kegiatan berjalan-jalan, mencari takjil, mengaji, melakukan kegiatan-kegiatan sosial, mendengarkan tausiah, dan lain sebagainya.