Sukses

5 Makanan dan Minuman Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Salah satu yang perlu diperhatikan saat puasa Ramadan adalah asupan cairan yang cukup agar tak dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu yang perlu diperhatikan saat puasa Ramadan adalah asupan cairan yang cukup agar tak dehidrasi.

Asupan cairan terbaik adalah air mineral. Namun, untuk menyiasati keterbatasan waktu ketika puasa Ramadan, ada makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat berbuka dan sahur dengan kandungan cairan yang akan cegah dehidrasi.

Melansir Gulf News, idealnya setiap orang harus minum antara 2,5 dan 3 liter air setiap hari. Namun, sering kali, setelah matahari terbenam, banyak orang lupa minum dalam jumlah cukup.

Untuk mencegah dehidrasi, menambah asupan air dengan memakan makanan yang kaya air dapat menjadi solusi. Dengan demikian, tubuh kita segar dan terhidrasi sepanjang hari.

Selain air minum, ada beberapa makanan yang memiliki kadar air tinggi. Lima diantaranya adalah semangka, susu, sup, buah berkadar air tinggi, dan selada.

Semangka

Semangka terdiri dari 92 persen air. Cairan yang ditemukan dalam semangka termasuk garam, kalsium dan magnesium, yang merupakan komponen sempurna untuk menghidrasi kembali tubuh setelah seharian berpuasa.

Es semangka yang dipotong dadu, dengan parutan keju, dan daun mint dapat menjadi menu berbuka yang lebih menggiurkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Susu

Susu sapi, susu almond, dan susu dari bahan lain merupakan sumber cairan yang baik. Siapkan semangkuk sereal yang disiram dengan susu setelah berbuka. Susu dikenal bagus untuk menambah jumlah kalsium dalam tubuh.

Selain itu, susu juga dapat menjaga tingkat hidrasi sepanjang hari. Ini juga merupakan minuman pascaolahraga yang bagus, karena membantu pemulihan setelah lelah berolahraga.

3 dari 5 halaman

Sup Bening

Sup adalah salah satu makanan yang penting di setiap meja buka puasa. Jika dapat memilih, pilihlah sup bening daripada sup krim.

Ini cara yang bagus untuk meningkatkan asupan air dan tingkat energi serta memenuhi kebutuhan tubuh.

4 dari 5 halaman

Selada

Secara nutrisi tidak cukup efektif, selada jenis Iceberg mengandung 96 persen air. Selada ini bisa dimakan mentah atau dijadikan bahan tambahan untuk membuat salad.

"Jadi, jika Anda kurang suka sup, berbuka puasa dengan salad yang enak bisa menjadi pilihan. Tambahkan beberapa mentimun dan tomat untuk meningkatkan kadar air."

5 dari 5 halaman

Buah Lain

Buah-buahan dengan kadar air tinggi dial antaranya jeruk, apel, nanas, dan buah persik. Buah-buahan ini dapat dimakan langsung atau dibuat jus.

"Ini akan membuat Anda terhidrasi lebih lama dan Anda bisa membuat dalam jumlah besar dan meminumnya lagi saat sahur." 

 

(Ade Nasihudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.