Sukses

Lezat dan Nikmat, Ini Olahan Menu Ramadan ala Amerika

Chef Stefu Santoso dari Amuz Gourmet Restaurant Jakarta mengupas pengolahan sejumlah bahan makanan dari Amerika, yang dijadikan menu buka puasa Ramadan. Ini hasilnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadan, Kedutaan Besar Amerika Serikat mengadakan acara kuliner untuk mengenalkan produk-produk unggulan dari Negeri Paman Sam tersebut.

Pada kesempatan itu pula, Kedubes AS menyajikan hidangan khas Ramadan Indonesia dengan bahan olahan segar, mulai dari buah hingga sayuran.

Chef Stefu Santoso dari Amuz Gourmet Restaurant Jakarta mengupas cara pengolahan sejumlah bahan makanan dari Amerika Serikat yang dijadikan menu berbuka puasa di bulan Ramadan.

Sajian tersebut mulai dari makanan pembuka, inti, dan penutup. Bahan olahan segar seperti sayur, buah, ikan dan daging pun didatangkan dari AS dan dimasak jadi menu Ramadan yang nikmat.

"Untuk makanan pembuka, kami mengolah daging sapi pilihan menjadi US Beef Satai Maranggi. Kemudian ada US Potato Crisscut with roasted corn and beans," ujar Chef Stefu di Amuz Gourmet Restaurant Jakarta beberapa waktu lalu.

"Olahan makanan Indonesia yang juga favorit adalah martabak. Jika biasanya martabak asin diisi dengan telur, daun bawang dan daging, maka kami mengganti isinya dengan US Mashed Potatoes filling dengan Lamb Curry," jelas Chef Stefu.

Untuk makanan inti terdiri dari dua bagian, yaitu makanan nusantara dan western. Lewat perpaduan gulai ayam dan sup ikan, lidah kita akan dimanjakan dengan rasa rempah yang amat kaya.

"Ada sedikit perbedaan pada olahan gulai ayam yang disajikan oleh Amuz Gourmet Restaurant. Kuah santan tersebut sengaja kami campurkan dengan Washington Apple yang sudah kami blender. Sehingga, rasa pada kuah tersebut akan manis dan sedikit kental," papar Chef Stefu.

"Hadirin yang datang juga bisa mencoba memakannya dengan olahan sambal matah dan sambal mangga yang kini kian digandrugi banyak orang," ia menambahkan.

Tak lupa, pada hidangan penutup Amuz Gourmet Restaurant Jakarta menyajikan kue nusantara, seperti dadar gulung, kue talam dan klepon.

Saat ditanya menu andalan, Chef Stefu mengatakan bahwa olahan pamungkas yang ia masak adalah Braised USA Beef in Raz Hanout Spices with US Mashed Potato and Spring Vegetable. Sebab, daging pilihan tersebut di oven selama 20 jam untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kehidupan Muslim di Amerika Serikat

Sebagai negara yang besar, Amerika Serikat dihuni oleh berbagai macam etnis dari seluruh dunia. Tak hanya itu, keberagaman kepercayaan juga terdapat di dalamnya.

Komunitas Muslim banyak yang tersebar di sejumlah negara bagian. Misalnya Chicago, Huston, Boston, New York dan lainnya.

Menurut Chris Rittgers dari US Agriculture Counselor, Ramadan di Amerika Serikat sama seperti di Indonesia. Komunitas muslim akan berkumpul bersama keluarga, teman dan orang terdekat untuk berbuka puasa bersama.

"Sejumlah masjid besar pun juga terdapat di Amerika Serikat," ujar Chris Rittgers saat menyampaikan pemaparan soal kehidupan Muslim di AS pada Rabu 9 Mei 2018, di Amuz Gourmet Restaurant Jakarta.

"Sebelum pindah ke Indonesia, saya tinggal di Washington dan melihat ada masjid besar bernama Muhammad. Di mesjid itu banyak umat muslim Amerika Serikat yang beribadah. Setiap Ramadan akan banyak dikunjungi orang. Masjid Muhammad sudah berusia 165 tahun," kata dia.

Biasanya, masjid hanya ada di kota-kota besar saja. Jadi, apabila bulan suci Ramadan tiba, umat muslim di Amerika Serikat akan berkomunikasi dengan warga sekitar untuk menggunakan fasilitas umum dan dijadikan sebagai tempat berkumpul.

"Bahkan sejumlah gereja kerap dipinjam untuk melakukan aktivitas hari besar seperti Ramadan dan Lebaran," jelas Chris Rittgers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.