Sukses

Gibran: Ekonomi Solo Masih Tangguh dan Siap Bangkit Tahun Depan

Menurut Gibran, para pelaku UMKM perlu pendampingan agar lebih melek teknologi dan bisa memanfaatkannya untuk memperluas penjualan.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon wali kota pada pemihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka menyatakan, bahwa ekonomi Solo masih tangguh dan siap bangkit lagi di tahun depan.

Menurut Gibran, para pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu adanya pendampingan agar lebih melek teknologi dan bisa memanfaatkannya untuk memperluas penjualan mereka.

"Saya dan Pak Teguh sudah blusukan, di Baron (salah satu nama kampung di Kota Solo) ada suplier wedangan. Pada kondisi pandemi seperti ini dalam satu hari pemasukkannya bisa sampai Rp 15 juta, ini yang harus kita dampingi," katanya saat menjadi pembicara pada Rapimkota Kadin Surakarta 2020 di Solo, Senin, 21 September 2020.

Selain itu pihaknya pun berharap para pelaku UMKM bisa melakukan transformasi digital.

"Ketika saya ketemu pelaku usaha kuliner saya tanya sudah gabung ke Go Food atau Grab Food belum, kalau belum kamu pasti mati. Yang jualan jilbab, sudah gabung Lazada, Shopee (market place) belum, kalau belum kamu pasti mati," ungkap Gibran dilansir Antara

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Semua Pihak

Gibran pun mengakui memang tidak mudah untuk bisa bangkit bagi para pelaku UMKM di tengah pandemi. Untuk itu, lanjut Gibran dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak. 

"Solo usianya sudah 275 tahun, punya sejarah panjang. Saya tidak ingin Solo terlihat renta, harus fresh untuk warga yang mengunjungi, nyaman bagi warga yang tinggal di sini. Solo pernah berturut-turut dapat juara 1 kota ternyaman di Indonesia yaitu tahun 2018 dan 2019. Ini harus dipertahankan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.