Sukses

Partai Hanura Raih Kursi Terbanyak di Nunukan

Liputan6.com, Jakarta - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) berjaya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dengan raihan tujuh kursi di DPRD setempat. Meskipun, Hanura tak lolos ambang batas untuk ke DPR RI pada Pemilu 2019 ini.

Pada Pemilu 2014 lalu, Partai Hanura cuma memiliki tiga kursi. Namun 2019 ini, dilansir Antara Minggu (5/5/2019), raihannya naik 130 persen.

Hal ini diketahui pascarapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan yang berlangsung 2-4 Mei 2019.

Partai Hanura mendudukkan wakilnya di DPRD Nunukan periode 2019-2024 masing-masing tiga kursi di daerah pemilihan Nunukan-Nunukan Selatan dengan 8.082 suara, dua kursi di Dapil Pulau Sebatik dengan 5.435 suara dan dua kursi di wilayah III sebanyak 9.762 suara.

DPRD Nunukan memiliki 25 kursi dengan jumlah pemilih 144.787 orang.

Dengan keberhasilan itu, partai yang didirikan Jenderal Purn Wiranto tersebut, maka jabatan Ketua DPRD Nunukan lima tahun ke depan dalam genggamannya.

 

2 dari 3 halaman

Partai Lain

Jabatan Ketua DPRD Nunukan periode 2014-2019 dipegang Partai Demokrat dengan enam kursi. Hanya saja pada pemilu kali ini partai besutan SBY tersebut perolehan suaranya turun menjadi lima kursi.

Kelima kursi bagi Partai Demokrat masing-masing tiga kursi di Dapil Nunukan-Nunukan Selatan, satu kursi Dapil Pulau Sebatik dan satu kursi Dapil Wilayah III.

Partai dengan perolehan kursi terbanyak ketiga adalah PKS dengan empat kursi. Masing-masing dua kursi di Dapil Nunukan-Nunukan Selatan, satu kursi di Dapil Pulau Sebatik dan satu kursi di Dapil Wilayah III.

Selanjutnya partai politik lainnya yang mendudukkan wakilnya di DPRD Nunukan adalah PDIP (2), Golkar (2), Gerindra (1), Nasdem (1), Perindo (1), PPP (1) dan PBB (1).

Ketua KPU Nunukan, Rahman menyatakan, setelah rekapitulasi perolehan suara masing-masing peserta Pemilu 2019 dari 19 kecamatan melalui rapat pleno terbuka maka nama-nama caleg yang terpilih telah diketahui.

"Biar belum diumumkan atau belum ditetapkan nama caleg terpilih secara resmi. Tapi nama-nama caleg terpilih sudah diketahui setelah rekapitulasi suara ini," ujar dia usai rapat pleno, Sabtu 4 Mei malam.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Caleg Populer Bukan Jaminan Lolos ke Senayan
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Anak Petinggi Parpol Ini Diprediksi Jadi Caleg