Sukses

Ikut Pemungutan Suara Ulang, Partisipasi Warga Manado Masih Tinggi

Tercatat adaa sekitar 54 TPS yang tersebar pada sejumlah kabupaten dan kota di Sulut yang melaksanakan pemungutan suara ulang.

Liputan6.com, Manado - Partisipasi masyarakat Manado pada pemungutan suara ulang (PSU) yang dilaksanakan hari ini, Sabtu (27/4/2019) masih tinggi. Dilihat dari masyarakatnya yang antusias dan banyak yang antre. 

Hal ini diungkap Ketua KPU Sulawesi Utara (Sulut), Ardiles Mewoh usai memantau di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Bahu, Manado.

"Ini disyukuri, teman-teman penyelenggara di Manado telah melakukan sosialisasi tentang pemungutan suara ulang ini," katanya Ardiles dilansir Antara. 

Tercatat adaa sekitar 54 TPS yang tersebar pada sejumlah kabupaten dan kota di Sulut yang melaksanakan pemungutan suara ulang. 

"Informasi yang diperoleh semuanya berjalan lancar, terutama kesiapan logistiknya dan kesiapan penyelenggara dan kesiapan keseluruhan KPPS," tambahnya. 

Sementara itu, Komisioner KPU Manado, Syahrul, mengatakan terdapat sekitar 15 TPS di Manado yang melaksanakan PSU. Dari jumlah tersebut terdapat sembilan TPS melaksanakan PSU Presiden, sedangkan enam TPS melaksanakan PSU Presiden dan legislatif.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencoblosan Ulang di 15 TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado memutuskan dilakukannya pencoblosan ulang pada 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada 5 kecamatan di Kota Manado.

"Berdasarkan hasil Pleno KPU Manado dengan mempertimbangkan laporan yang masuk termasuk rekomendasi dari Bawaslu Manado, maka kami putuskan untuk Pemungutan Suara Ulang atau PSU di lima belas TPS," ungkap Ketua KPU Kota Manado, Sunday Rompas, Rabu, 24 April 2019.

Rompas mengatakan, PSU akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 April 2019 mendatang, mulai pukul 07.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita. "Lima belas TPS itu berada di lima kecamatan yaitu, Malalayang, Mapanget, Tikala, Bunaken, dan Tuminting," ujarnya.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado, Taufiek Bilfaqih mengatakan, jika dirinci maka ada 4 TPS di Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang dan 2 TPS Kecamatan Tikala yang memilih lima surat suara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.