Sukses

Cabup Eman Suherman Dinilai Sosok yang Eratkan Kolaborasi untuk Memajukan Majalengka

Pengalaman Eman di bidang birokrasi menjadi sebuah keuntungan baginya pada kontestasi Pilkada Majalengka.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman dinilai menjadi calon bupati (cabup) yang mampu merangkul semua unsur masyarakat. Dia sosok pemimpin pilihan tepat lantaran mengedepankan kolaborasi bersama membangun kemajuan Majalengka.

Pengamat Politik Universitas Djuanda, Gotfridus Goris Seran menyatakan, Eman merupakan sosok pemimpin kolaboratif. Seran menilai Eman selalu mengajak masyarakat agar bersama-sama mewujudkan kemajuan untuk Majalengka.

“Dalam memajukan Majalengka, Eman merangkul semua kalangan, baik kalangan birokrasi, usahawan, masyarakat termasuk generasi muda,” kata Seran, Rabu (10/7/2024).

Seran menerangkan, dengan ajakan Eman tersebut, bukan tidak mungkin Majalengka akan tumbuh dan berkembang pesat. Karenanya, ia menganggap Eman pemimpin ideal yang dibutuhkan Majalengka di periode pemerintahan selanjutnya.

“Bercermin dari pengalamannya, pendekatan Eman Suherman dalam memimpin birokrasi dan merakyat menunjukkan kepemimpinan yang kolaboratif (collaborative governance),” ucap Seran.

Pengalaman Eman di bidang birokrasi menjadi sebuah keuntungan baginya pada kontestasi Pilkada Majalengka. Sejak awal 2000, Eman sudah banyak mengemban amanah jabatan yang berhubungan dengan masyarakat.

Tercatat pada 2001-2004 Eman menjabat sebagai Kasi Kesejahteraan Sosial, disusul di tahun 2004-2006 menjadi Kasi Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial. Lalu di tahun 2006-2007, Eman menjabat sebagai Kabid Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kemudian, berlanjut pada tahun 2007-2009, Eman sempat menjabat sebagai Camat Maja, disusul tahun 2009-2011 sebagai Kabag Kesejahteraan Rakyat di Setda Majalengka. Dan tahun 2011-2014, menjadi Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eman Mengedepankan Dialog

Eman lebih mengedepankan dialog bersama warga menjaga Majalengka agar punya daya tarik di tingkat nasional. Salah satunya saat Eman bertemu masyarakat di alun-alun Majalengka dan mengajak mereka agar selalu menjaga kebersihan di fasilitas umum.

“Menjaga kebersihan di fasilitas umum penting untuk kenyamanan penjual dan pengunjung. Ayo menjaga kebersihan lingkungan bersama, bersinergi dengan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi semua,” ucap Eman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini