Sukses

Soal Maju Pilgub DKI Jakarta, Anies Baswedan: Jeda Dulu

Mantan calon presiden (Capres) Anies Baswedan mengaku perlu mempersiapkan diri dengan beristirahat sejenak sebelum menentukan langkah berikutnya usai mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan calon presiden (Capres) Anies Baswedan mengaku perlu mempersiapkan diri dengan beristirahat sejenak sebelum menentukan langkah berikutnya usai mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Termasuk juga soal urusan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

“Semua yang menyangkut langkah berikutnya, kasih jeda sebentar. Jeda, menata dulu, menutup buku, jenang sumsum, baru nanti kita,” tutur Anies di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang berada di sampingnya pun menimpali tanggapan Anies tersebut.

“Maksudnya bulan apa pengumuman?,” usil Cak Imin.

“Iyaahhh,” timpal Anies tertawa.

“Biasanya Gus Imin tuh istikharah-nya mantap. Kita nunggu istikharah Gus Imin dulu,” sambungnya.

Awak media pun mengejar jawaban Anies dengan meladeni candaan Cak Imin. Termasuk ada tidaknya bisikan dari Ketum PKB itu perihal maju Pilgub DKI Jakarta.

“Nggak usah manas-manasi,” celetuk Anies disambut tawa.

Sama halnya saat diminta memberikan tanggapan terkait PKS yang berencana mengusung kader sendiri maju Pilgub DKI Jakarta dan meminta Anies Baswedan ikut memberikan dukungannya.

“Sekarang jeda dulu. Abis itu baru garap lagi,” Anies menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Halal Bihalal Timnas AMIN

Sebelumnya, Anies Baswedan menggelar agenda halal bihalal di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta. Tampak sejumlah petinggi Timnas AMIN hadir dalam acara tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (30/4/2034), satu per satu petinggi Timnas AMIN datang ke Pendopo Anies sejak pukul 11.00 WIB. Seperti calon wakil presiden Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus, Ketua Dewan Penasehat Tim Hukum Timnas AMIN Hamdan Zoelva, hingga co-captain Timnas AMIN Thomas Lembong.

Anies menjamu seluruh tamu sembari menyapa satu persatu. Diketahui, ini menjadi momen pembubaran Timnas AMIN.

Sebelumnya, agenda tersebut akan dilangsungkan dengan tema halal bihalal di kediaman Anies Baswedan di Lebak Bulus Jakarta.

"Agendanya halal bihalal timnas akan dilakukan Selasa, 30 April pukul 11.00 di kediaman Pak Anies Baswedan," kata Juru Bicara Timnas AMIN Billy David melalui pesan singkat diterima, Selasa (30/4/2024).

Billy memastikan mantan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 tersebut akan hadir. Namun untuk anggota lainnya, masih dalam konfirmasi.

"Dihadiri langsung Pak Anies dan Gus Imin, tapi konfirmasi kehadiran (anggota) lain saya belum terima datanya tapi semoga sebagian besar kedeputian bisa hadir," jelas dia.

Billy meluruskan, agenda hari ini sejatinya enggan disebut pembubaran, meski menurut dia agenda Pilpres 2024 sudah usai dan berakhir juga kerja-kerja Timnas AMIN.

"Namun, karena agenda pilpres sudah selesai, mungkin bisa dimaknai demikian apalagi sudah ditegaskan oleh Cak Imin (Muhaimin Iskandar) kemarin," jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Pembubaran Timnas AMIN

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) akan dibubarkan. Pembubaran yang sedianya dilakukan Jumat hari ini (26/4/2024) ditunda pada pekan depan.

"Ya betul (batal hari ini dan diundur pekan depan)," kata Jubir Timnas AMIN Angga Putra Fidrian saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Jumat (26/4/2024).

Angga beralasan, penundaan disebabkan sejumlah anggota dari Timnas AMIN belum sepenuhnya berada di Jakarta. Karena agenda pembubaran rencananya dilangsungkan di Rumah Anies Baswedan, bilangan Lebak Bulus Jakarta Selatan.

"Belum pada kumpul semua kalau hari ini," jelas Angga.

Senada dengan Angga, Jubir Timnas AMIN Billy David juga membenarkan penundaan agenda yang sedianya dijadwalkan hari ini. Namun dia meluruskan agenda sesungguhnya bukanlah pembubaran namun sekedar halal bihalal dalam suasana lebaran.

"Dalam undangan tidak ada agenda pembubaran, tajuknya hanya halal bihalal," jelas Billy.

Meski enggan disebut pembubaran, Billy mempersilakan tafsir publik yang mengatakan demikian. Sebab kontestasi Pilpres 2024 sudah usai maka berakhir juga tugas dan fungsi dari Timnas AMIN.

"Namun, karena agenda pilpres sudah selesai, mungkin bisa dimaknai demikian apalagi sudah ditegaskan oleh Gus Imin (Muhaimin Iskandar) kemarin," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.