Sukses

PKS dan Partai Golkar Saling Beri Sinyal Bakal Koalisi di Pilkada Depok 2024

Terkini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar rutin menjalin komunikasi menghadapi Pilkada Depok 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kota Depok 2024, sejumlah partai politik (parpol) sudah mulai menentukan arah koalisi. Terkini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Golkar rutin menjalin komunikasi menghadapi Pilkada Depok 2024.

Ketua DPD PKS Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, PKS Kota Depok akan berkoalisi dengan partai apapun menghadapi Pilkada Depok 2024. Koalisi tersebut bertujuan untuk Kota Depok menjadi lebih baik.

"Kita akan berkoalisi dengan semua partai yang mau berkoalisi bersama-sama saya, bersama-sama kami PKS, membangun kota Depok," ujar Imam, Minggu (28/4/2024).

Menurut dia, PKS Kota Depok membuka ruang dengan partai manapun untuk berkoalisi, termasuk dengan Partai Golkar. Diketahui, Imam kerap berkomunikasi dengan Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok dan sesekali melakukan pertemuan.

"Ya, nanti sebelum janur kuning melengkung masih bisa berubah, tapi itu arahnya sudah sangat dalam, Insya Allah doakan yang terbaik buat kota Depok," kata dia.

Imam tidak menampik komunikasi antara PKS dengan Golkar telah mengarah untuk melakukan koalisi pada Pilkada Depok 2024. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan, PKS akan melakukan koalisi dengan partai lainnya.

"Yang paling intens beliau (Farabi) kepada PKS dan saya, Nanti yang terbaik buat Kota Depok," ucap Imam.

Saat disinggung partai lainnya yang telah berkomunikasi PKS selain Golkar, Imam mengaku terdapat partai lain yang telah berkomunikasi. Terdapat empat partai telah melakukan komunikasi terkait Pilkada Kota Depok 2024.

"Sudah empat partai, Golkar, Gerindra, PKB, dan Nasdem," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Golkar Benarkan Terus Lakukan Komunikasi dengan PKS

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi El Fouz tidak menampik kerap melakukan komunikasi dengan PKS Kota Depok. Bahkan, kata dia, komunikasi tersebut telah intensi untuk menghadapi Pilkada Kota Depok 2024.

"Golkar hendak bangun koalisi besar, di mana calon partai Golkar ada di dalamnya," ujar Farabi.

Meskipun telah berkomunikasi dengan PKS, lanjut dia, Golkar tidak menutup diri membangun komunikasi dengan partai lain. Golkar tetap terbuka kepada partai lainnya yang ingin berkoalisi bersama Golkar.

"Golkar partai terbuka dan bersiap membuat Depok lebih baik lagi dengan berbagai terobosan," terang Farabi.

Farabi mengungkapkan, Golkar Kota Depok telah mendapatkan dukungan dari mantan Gubernur Jawa Barat, yakni Ridwan Kamil. Menurutnya, Ridwan Kamil akan membantu DPD Partai Golkar Kota Depok untuk memenangkan Pilkada 2024.

"Pak Ridwan Kamil akan bersama Golkar Depok," ungkap Farabi.

Saat disinggung sosok yang akan menjadi calon Wali Kota Depok dari Partai Golkar, Farabi mengaku telah mendapatkan rekomendasi dari DPP Golkar. Pada surat tersebut, Farabi ditunjuk untuk menjadi calon Wali Kota Depok.

"Saat ini, saya ditugaskan membentuk koalisi dan melaporkan ke DPP," pungkas Farabi.

 

3 dari 4 halaman

Tekad Maju Pilkada Depok 2024, Sekda Supian Suri Serahkan Formulir ke PAN

Sebelumnya, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) telah menerima formulir pendaftaran calon wali kota Depok pada Pilkada Depok 2024. Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri telah menyerahkan formulir pendaftaran di kantor DPD PAN Kota Depok.

Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno mengatakan, PAN Kota Depok telah menerima formulir pendaftaran yang diberikan Supian Suri untuk mencalonkan diri menjadi Wali Kota Depok. Nantinya, PAN bersama dengan partai koalisi lainnya akan mengusung Supian Suri menjadi calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024.

"Kita mencari calon Wali Kota, Supian Suri ini orang Depok, saya tau karier dia di birokrat dari jaman Badrul Kamal, sampai sekarang di zaman Kyai Idris, itu kita tahu semua," ujar Igun, Jumat malam 26 April 2024.

Igun menjelaskan, PAN tidak akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dikarenakan PKS telah memberikan Surat Keputusan calon Wali Kota kepada Imam Budi Hartono. Untuk itu, DPD PAN Kota Depok akan berkoalisi partai lain yang akan turut mengusung Supian Suri menjadi calon Wali Kota Depok.

"Nah makanya dari awal kami sudah cerita ke Bang Supian Suri, sekarang PAN berkoalisi dengan yang lain, asal yang diusung oleh kami itu mau jadi Wali Kota," ucap Igun.

Setelah menerima formulir pendaftaran dari Supian Suri, DPD PAN Kota Depok akan membawa formulir tersebut ke DPP PAN. Nantinya DPP PAN akan mengatur dan berkoalisi dengan partai lain untuk memenangkan Calon Wali Kota Depok pada Pilkada Depok 2024.

"Partai lain yang kita sudah komunikasi, yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan," ucap Igun.

 

4 dari 4 halaman

Buka Peluang Kemungkinan Koalisi

Igun mengungkapkan, partai lain yang kemungkinan akan berkoalisi dengan PAN yakni Partai Kebangkitan Bangsa. Nantinya masing-masing partai akan menunggu Surat Keputusan dari DPP partai masing-masing.

"Mudah-mudahan ikhtiar ini, saya kira akan membuahkan hasil nya," ungkap Igun.

Igun menganggap sosok Supian Suri dinilai tepat untuk menata Kota Depok. Bahkan Igun mengibaratkan Supian Suri dengan masyarakat, bagaikan mur dan baut apabila disatukan akan menjadi kekuatan membangun Kota Depok.

"Jadi yang ngerti dan paham masyarakat Depok itu, ya Supian Suri sendiri, orang dia Sekdanya, apa segala macam ada di situ," terang Igun.

DPD PAN Kota Depok akan membawa berkas formulir pendaftaran Supian Suri ke DPP PAN pada 28 April mendatang. Kemungkinan, berkas tersebut akan ditindaklanjuti DPD PAN untuk dikeluarkan Surat Keputusan Calon Wali Kota Depok melalui PAN.

"Biasanya tidak lama karena PAN tidak mau membuat harapan atau pemberi harapan palsu, jadi mungkin akhir bulan ini semua sudah akan turun," pungkas Igun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.