Sukses

Kloter Pertama Jemaah Haji Embarkasi Batam Diberangkatkan

Pemberangkatan dilepas oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad.

Liputan6.com, Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau resmi melepas jemaah calon haji (JCH) yang masuk Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Batam, bertempat di Aula Arafah 2 Asrama Haji Kota Batam, Minggu (12/5) dini hari. 

JCH yang masuk kloter pertama embarkasi Batam kali ini berjumlah 487 orang, yang semuanya berasal dari Provinsi Kepri. Dengan rincian Kota Tanjungpinang 205 orang, Kabupaten Natuna 61 orang, Kabupaten Bintan 82 orang, Kabupaten Lingga 41 orang, Kota Batam 93 orang dan petugas Kloter 5 orang. Jemaah tertua berusia 85 tahun dan termuda berusia 18 tahun.

Jemaah calon haji ini akan terbang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines menuju Madinah. Dijadwalkan tiba pada hari yang sama pada Minggu 12 Mei 2024 pukul 12.00 Waktu Saudi Arabia.

Untuk musim haji tahun 1445 H/2024 M, embarkasi Batam melayani 12.298 jemaah yang dibagi menjadi 28 kloter. Diantaranya Kepulauan Riau ada 1.334 orang, Riau 5.273 orang, Kalimantan Barat 2.611 dan Jambi 3.071 orang.

Selain embarkasi Batam, kloter pertama yang akan terbang ke Arab Saudi berasal dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo, Surabaya, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutannya  mengajak semua jemaah calon haji, untuk terus bersyukur, karena telah terpilih sebagai tamu Allah SWT.

"Tidak semua dari kita yang dipanggil Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji," kata Ansar.

Ansar berpesan untuk menjaga diri dengan baik dan peduli terhadap sekitarnya terutama kepada jamaah yang sudah lansia. Juga fokus mengikuti rangkaian ibadah demi ibadah yang diarahkan oleh masing-masing pimpinan kelompok atau mutowifnya. 

"Jangan lupa doakan agar Tanah Air kita ini terutama Provinsi Kepri ini tumbuh menjadi tempat yang semakin baik yang dapat menjadi tempat tinggal yang mampu mensejahterakan seluruh warganya," kata Gubernur Ansar. 

Pelepasan 481 calon jamaah haji asal Kepri di saksikan Anggota DPR RI Komisi 8 H. Ahmad, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Kapolda Kepri Sekda Kepri setata para Asisten, Tim Percepatan Pembangunan, dan Kepala OPD Pemprov Kepri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini