Sukses

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Ganjar-Mahfud Buka Puasa Bersama Relawan

Menjelang penetapan pemenang pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, berbuka puasa bersama para relawan di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat (20/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta Menjelang penetapan pemenang pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, berbuka puasa bersama para relawan di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat (20/2/2024).

Mahfud tiba lebih dulu sekitar pukul 17.30 WIB mengenakan baju batik, sementara Ganjar tiba sekitar pukul 18.10 WIB mengenakan kemeja hitam. Keduanya tidak berkomentar banyak saat ditanya wartawan. "Buka dulu ya, buka dulu," kata Ganjar Pranowo.

Selain itu, turut hadir Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid dan politikus PDIP Aria Bima.

Sebelumnya, Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, pengumuman hasil pemilu 2024 kemungkinan setelah berbuka puasa.

Hal ini dikarenakan KPU masih harus menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional untuk Provinsi Papua dan Papua Pegunungan terlebih dulu. 

"Akan ada waktu buat kami melakukan pencermatan dokumen-dokumen yang diperlukan. Kita ambil jeda sampai menjelang ibadah berbuka puasa (untuk pengumuman hasil pemilu 2024)," ujar Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Tunggu Pengumuman Hasil Pemilu dari Kertanegara

Calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto, memantau dan menunggu pengumuman hasil pilpres 2024 dari kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2024). Pengumuman hasil pemilu 2024 akan disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada malam ini.

"Ya, hari ini kami menunggu keputusan pengumuman dari KPU yang merupakan lembaga yang paling berwenang untuk menetapkan dan mengumumkan hasil pilpres 2024," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani kepada wartawan di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

"Kami sedang berkomunikasi jam berapa di KPU sudah siap dan Pak Prabowo akan menunggu dan memantau dari tempat ini," sambungnya.

Prabowo akan memantau hasil pemilu 2024 bersama pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju dan sejumlah tokoh. Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menggelar acara buka puasa bersama di kediamannya.

"Ya insyaallah bersama dengan pimpinan partai koalisi dan tokoh-tokoh yang selama ini mendampingi Beliau," ujar Muzani.

Muzani belum mengetahui apakah cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, juga ikut memantau hasil pilpres 2024 bersama Prabowo. Menurut dia, Prabowo akan menyampaikan pernyataan kepada awak media usai pengumuman dari KPU.

"Insyaallah Pak Prabowo akan menyampaikan statement," ucap Muzani.

3 dari 3 halaman

PDIP: Kami Simak Pengumuman Pemilu 2024 dengan Tumakninah

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyatakan, pihaknya akan memantau penetapan pemenang pemilu 2024 oleh KPU RI dengan baik.

"Dari pihak kami mari kita ikuti pengumuman itu dengan baik, dengan tumakninah dengan sempurna," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Dia menyatakan pihaknya tetap akan menyampaikan kritik salam proses pemilu 2024 hingga penetapan.

"Namanya juga pengumuman, bahwa pada satu sisi dibalik pengumuman itu ada proses yang kami kritisi, itu menjadi domain kami yang menjalani proses pemilu. Balik pilpres maupun pileg," ungkapnya.

Menurut Said, tanggapan resmi PDIP atau paslon 03 Ganjar-Mahfud akan diumumkan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan capres Ganjar Pranowo.

"Dan insyaallah pengumuman resmi barangkali akan disampaikan Pak Sekjen atau Pak Ganjar untuk merespons hasil pengumuman pemilu," ungkapnya.

Menurut Said, pihaknya memastikan akan langsung mengambil jalur hukum yakni gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan juga hak angket DPR. Namun saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman data.

"Baik gugatan MK maupun angket, kami lagi melakukan pendalaman, pendalaman data. Lagi mengumpulkan saksi. Nanti pada waktunya saat data lengkap, saksi lengkap, proses yang dilalui, momen semua terdokumentasi dengan baik, baru Ketua Umum akan memberikan respons keputusannya pada dinamika berkembangkan," kata politikus PDIP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.