Sukses

Sekjen PDIP Sebut Pertemuan Mahfud Md dan Praktikno Hanya Pertemuan Biasa

Sementara terkait pertemuan antara Mahfud dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merupakan agenda rutin untuk mengevaluasi seluruh tahapan-tahapan kampanye.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa pertemuan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin (29/1/2024) malam adalah pertemuan biasa sesama menteri.

"Loh sesama menteri akan selalu terus melakukan koordinasi. Pertemuan itu merupakan hal biasa dilakukan, apalagi Menteri Sekretaris Negara merupakan kepanjangan tangan dari Presiden Jokowi (Joko Widodo)," kata Hasto di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Sehingga, kata Hasto, hasil pertemuan tersebut telah disampaikan dan akan ditindaklanjuti.

"Tadi malam dilakukan pertemuan dan hasil pertemuan itu kita tindaklanjuti bersama dengan Prof Mahfud," ujarnya.

Sementara terkait pertemuan antara Mahfud dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merupakan agenda rutin untuk mengevaluasi seluruh tahapan-tahapan kampanye.

Apalagi, dengan melihat kampanye Ganjar dan Mahfud yang selalu penuh didatangi rakyat. Padahal, kampanye Ganjar-Mahfud terbilang menggunakan fasilitas yang sederhana.

Hal ini menurut Hasto menegaskan, paslon Ganjar-Mahfud diakui sebagai pemimpin yang berasal dari rakyat. Di mana rakyat bergotong-royong, sehingga kekuatan inilah yang akhirnya akan mengatasi sekat-sekat intimidasi untuk mendukung pemimpin yang benar-benar merakyat yaitu Ganjar-Mahfud.

"Ya, pertemuan itu (Megawati dan Mahfud) sekaligus terkait dengan rencana-rencana kampanye akbar," paparnya.

Selain kampanye akbar yang dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK), turut dibahas kampanye-kampanye akbar lainnya. Seperti di Banyuwangi, Jawa Timur pada 8 Februari, di Jawa Barat pada 9 Februari, serta 10 Februari sebagai puncak dan akhir dari seluruh rangkaian kampanye akan dilaksanakan di Jawa Tengah.

"Itulah yang kemudian di dalam pertemuan antara Ibu Megawati Soekarnoputri dengan Prof Mahfud, dan tentu saja juga dibahas hal-hal terkait dinamika politik nasional," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasto PDIP: Mahfud Md Lihat Persoalan Konkrit di Masyarakat Jelang Debat Kedua Cawapres

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, mengatakan Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Mahfud Md turun langsung ke tengah masyarakat jelang debat cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024.

Hasto menyebut, Mahfud Md hendak melihat permasalahan konkrit yang ada di masyarakat bawah terkait dengan tema debat, meliputi pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

"Tentu saja Prof Mahfud mempersiapkan debat tersebut dengan turun ke bawah, dengan melihat problematika konkrit yang dihadapi rakyat, sehingga gagasan-gagasannya akan membumi," kata Hasto di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Hasto menyatakan, sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) tema debat ke depan bakal menguntungkan Mahfud. Mengingat, kata Hasto semua tema debat itu memerlukan hukum sebagai pilar.

"Jadi hukum itu menyentuh seluruh nafas kehidupan kita, ketika hukum dilanggar kemudian tidak ada budaya tettib hukum yang seharusnya menegakkan hukum sibuk urusan lain, maka hukum sangat diperlukan. Sehingga tema kedepan menempatkan daya unggul Prof Mahfud," kata dia.

3 dari 3 halaman

Debat Pilpres 2024

Diketahui, debat capres dan cawapres 2024 ini diselenggarakan oleh KPU untuk membantu capres dan cawapres memaparkan visi dan misinya kepada masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu debat ini juga menjadi ajang untuk beradu gagasan dan solusi untuk permasalahan yang terjadi di Indonesia, agar masyarakat dapat memilih pemimpin Indonesia yang benar-benar sesuai gagasan dan rencana kerjanya untuk 5 tahun kedepan nantinya.

Debat capres dilaksanakan 3 kali dan Debat cawapres 2 kali dengan tema yang berbeda-beda. Debat keempat cawapres 2024 akan dilaksanakan minggu, 21 Januari 2024.

Sedikit perubahan, debat keempat porsi cawapres akan dilaksanakan Minggu tangga 14 Januari 2024, namun diundur ke hari Minggu tanggal 21 Januari 2024.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.