Sukses

Ramai-Ramai Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka untuk bisa menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto terus mengalir. Berikut beberapa pihak yang mendukung Gibran menjadi cawapres Prabowo di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka untuk bisa menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto terus mengalir. Baru-baru ini dukungan datang dari Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi).

Mereka berharap, Prabowo dapat menggandeng Wali Kota Solo sekaligus putra dari Presiden Jokowi sebagai bakal cawapres.

"Kami berharap Pak Prabowo menggandeng Mas Gibran," kata Ketua Umum Samawi Gus Muhammad Nahdy di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Samawi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai capres pada pilpres 2024. Dukungan itu berdasarkan hasil mufakat dari rapimnas Samawi. Nahdy mengatakan bahwa Samawi adalah organisasi relawan yang selama ini tegak lurus membersamai Jokowi.

"Kami kaum sarungan tegak lurus bersama Pak Jokowi dan berijtihad mendukung Bapak (Prabowo)," ucap Nahdy.

Menurut Nahdy, dalam rapimnas itu para kiai dan ulama sudah bulat bermufakat bahwa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin tegas, tetapi juga punya rasa cinta terhadap rakyatnya.

"Pak Prabowo lah sosok itu," ungkapnya.

Nahdy menyatakan bahwa Samawi memandang bonus demografi di depan mata harus direspons. Menurutnya, anak-anak muda tak hanya pemimpin masa depan, melainkan masa kini.

Sementara, Wali Kota Solo sekaligus Kader PDI Perjuangan (PDIP), Gibran Rakabuming Raka menegaskan, akan mengikuti arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Hal itu menjawab apakah tetap akan bersama PDIP.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sempat digoda oleh Partai Gerindra untuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

"Saya nunggu arahan dari bu ketum aja ya," katanya ditemui saat Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu 30 September 2023.

Selain relawan Samawi, terdapat beberapa pihak lain yang mendukung Gibran menjadi bakal cawapres Prabowo. Berikut rangkumannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Relawan Bolone Mase Ingin Gibran Pimpin Indonesia Bersama Prabowo

Perwakilan relawan menyebut Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka layak memimpin Indonesia karena memiliki kemampuan yang baik.

Koordinator Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso berharap, Gibran tidak hanya menjadi juru kampanye calon presiden Ganjar Pranowo, tetapi mampu lebih dari itu.

"Kemarin memang ada berita Mas Gibran diminta jadi jurkam, tapi kami relawan tetap minta Mas Gibran untuk tidak hanya jadi jurkam, tapi lebih dari itu. Dia layak kok memimpin republik ini," kata Kuat dilansir dari Antara, Selasa (18/7/2023).

Selain dinilai mampu, sosok Gibran yang masih muda diharapkan dapat menginspirasi anak-anak muda untuk terjun ke dunia politik.

"Mas Gibran menjadi inspirasi anak-anak muda," ucap Kuat.

Bahkan, katanya, relawan berharap agar Gibran bisa menjadi cawapres Prabowo Subianto yang digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai Presiden RI pada Pemilu 2024.

"Tapi cita-cita kami sesungguhnya bagaimana Mas Gibran bisa memimpin negara ini suatu saat. Mas Gibran kemana pun kami ikut," tambah Kuat.

Meski demikian, Kuat mengaku, hingga kini tidak ada arahan apa pun dari Gibran. Namun, ia memastikan, sejumlah relawan salah satunya yang menamakan Bolone Mase tetap bekerja untuk kemenangan Prabowo Subianto.

Ia mengatakan, jika dukungan tersebut ternyata tidak selaras dengan pilihan Gibran, maka tidak menjadi masalah.

"Tidak masalah. Kami biasa diskusi beda pendapat, beda pandangan itu biasa. Mas Gibran orang yang sangat demokratis," katanya.

 

3 dari 5 halaman

PBB Usulkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Partai Bulan Bintang (PBB) mendorong Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Salah satu alasannya adalah karena dia putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Paling tidak dengan wacana adanya Gibran, anak muda tokoh milenial kemudian pengalaman di wali kota bagus, ditambah dia putra presiden," kata Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor di Jakarta, Minggu, (8/10/2023).

Sebagai putra Presiden Jokowi, kata Afriansyah, Gibran diyakini memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi.

"Anda tahu sendiri presiden ini tingkat kesukaan rakyat masih di atas 80 persen. Harapan ini tentunya salah satu strateginya kenapa selain Pak Yusril kami mendorong Gibran. Ini harapannya," kata Afriansyah.

Namun, kata dia, nama Gibran masih akan dibahas bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan partai Koalisi Indonesia Maju.

"Sementara ini masih Mas Gibran, masih semua dibicarakan, belum ada mengerucut dan belum ada yang fix. Makanya semua masih bergulir," kata Afriansyah.

 

4 dari 5 halaman

Gerindra Tangsel Usul Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Tangerang Selatan mengusulkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Prabowo Subianto.

Usulan ini hasil dari Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) DPC Gerindra Tangsel yang digelar di Hotel Trembesi BSD, Tangerang Selatan, Minggu (8/10/2023).

"Dalam Rakorcab ini, kami DPC Gerindra Kota Tangerang Selatan memberikan rekomendasi yaitu mengusulkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi cawapres Pak Prabowo di Pilpres 2024 mendatang," kata Ketua DPC Gerindra Kota Tangerang Selatan Li Claudia Chandra dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (8/10/2023).

Dia menyatakan, rakorcab bertujuan untuk meningkatkan soliditas antara kader dan simpatisan Partai Gerindra dalam rangka memenangkan Bacapres Prabowo dan Gerindra di Pemilu 2024.

"Rakorcab ini dilaksanakan untuk meningkatkan soliditas antara kader dan simpatisan dalam rangka memenangkan Pak Prabowo Presiden dan Gerindra Menang di Pemilu 2024 mendatang," ucap dia.

 

5 dari 5 halaman

Usulan Gibran Jadi Cawapres Prabowo Akan Dibawa ke Meja KIM

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyatakan, nama-nama yang masuk dalam radar calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Prabowo Subianto akan dibawa ke meja rapat Koalisi Indonesia Maju (KIM), tak terkecuali Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Diketahui, dukungan agar putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menjadi cawapres terus mengalir dari berbagai elemen. Belum lama ini, DPC Gerindra Tangerang Selatan dan relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) mengusulkan Gibran untuk menjadi cawapres Prabowo.

"Tentu saja supaya keputusan ini menjadi keputusan bersama termasuk nama Mas Gibran dan nama-nama lain, nanti oleh Pak Prabowo akan diajukan di atas meja untuk dibicarakan bersama-sama," kata Muzani ditemui di Gedung Juang, Senin (9/10/2023).

Muzani menilai Gibran adalah tokoh politik yang mumpuni. Namun, ia memastikan usulan nama-nama kandidat cawapres Prabowo belum ada yang menjadi sebuah keputusan resmi.

"Kami menganggap bahwa semua nama yang dimajukan oleh tokoh komponen bahkan partai Koalisi, adalah orang-orang yang berniat beri pengabdian terbaik kepada bangsa dan negaranya," kata Muzani.

Kendati begitu, Muzani memastikan, Prabowo Subianto telah mencatat usulan agar Gibran menjadi cawapresnya, termasuk juga masukan nama-nama lain.

"Terhadap pikiran, pandangan dan pendapat Samawi tersebut Pak Prabowo catat, hargai, dan simak dengan saksama atas aspirasi tersebut sebagaimana juga aspirasi yang berkembang dari berbagai macam komponen lainnya," kata Sekjen Gerindra ini menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini