Sukses

Tsamara Amany Pilih Tak Gabung Parpol, Tapi Dukung Penuh Erick Thohir

Tsamara Amany menyatakan tidak akan bergabung dengan partai politik (parpol) dalam waktu dekat dan memilih untuk mendukung penuh langkah Erick Thohir dalam ajang Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Mantan kader PSI Tsamara Amany menunjukkan kedekatan dengan PAN. Namun, dia menyatakan tidak akan bergabung dengan partai politik (parpol) dalam waktu dekat dan memilih untuk mendukung penuh langkah Erick Thohir dalam ajang Pilpres 2024.

“Belum ada rencana masuk ke partai politik dalam waktu dekat. Kita dukung orang-orang bagus, banyak kandidat-kandidat politik yang bagus,” tutur Tsamara Amany di Kantor DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023).

Tsamara juga menyatakan tidak akan maju Pileg dalam Pemilu 2024. Namun begitu, bukan berarti dirinya hilang dari kancah perpolitikan Tanah Air.

“Kita tetap dukung orang-orang yang bagus, untuk terus masuk ke dalam politik, salah satunya Ara sama Idris sama Jovin hari ini (mantan kader PSI yang gabung PAN). Temen-temen yang dulu kita berjuang bareng tetap aku dorong ke partai-partai yang bagus. PAN salah satu partai yang bagus,” jelas dia.

Adapun soal arah dukungan dalam Pilpres 2024, Tsamara menyatakan mengikuti ke mana sikap dan langkah dari Erick Thohir. Baginya, Menteri BUMN itu merupakan mentor dan kehadirannya saat HUT PAN dalam rangka mendampingi Erick Thohir.

“Kalau aku, kita tergantung Pak Erick (arah dukungan ke capres),” Tsamara menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampingi Erick Thohir Saat Jadi Ketua PSSI

Ada banyak pihak yang mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Salah satunya Tsamara Amany Alatas, politikus muda yang pernah tergabung dalam PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023). Tsamara pun ikut hadir dalam acara tersebut dan terlihat berada di samping Erick saat diwawancarai media. Tsamara Amany juga mengunggah sejumlah cuitan di akun Twitter miliknya untuk memberi dukungan pada Erick.

"Alhamdulillah ya Allah! Perubahan untuk sepak bola Indonesia dimulai hari ini. #PSSI," cuitnya di linimasa Twitternya tak lama setelah Erick resmi terpilih sebagai ketua umum baru PSSI, Kamis, 16 Februari 2023.

Setelah itu, Tsamara kembali membagikan sejumlah cuitan lainnya.“Good luck, Pak. #pssi,” cuitnya lagi. Dalam cuitan lainnya, wanita yang juga memimpin gerakan anak muda B.E.D.A (Berani, Enerjik, Dahsyat, Amanah) ini berharap sepak bola nasional bersih dan berprestasi.

"Kita bisa bermimpi lagi. Sepak bola bersih & berprestasi. Selamat bekerja, Pak Ketua Umum PSSI @erickthohir," tulis Tsamara di dalam cuitannya pada Jumat (17/2/2023). "Good luck, Pak. #pssi," tulisnya lagi dalam cuitan berikutnya di hari yang sama. 

3 dari 3 halaman

Keluar dari PSI

Pada 2022 lalu, politikus Tsamara Amany menyatakan keluar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Tsamara mengaku ingin fokus pada isu perempuan Indonesia.

"Selama 5 tahun mengabdi di PSI sebagai ketua DPP per hari ini 18 April 2022 saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI. Salah satunya dengan fokus menyuarakan isu perempuan dan mengabdi untuk kepentingan perempuan," kata Tsamara di akun Instagram miliknya @tsamaradki seperti dikutip Liputan6.com, Senin (18/4/2022).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menghormati keputusan Tsamara. Dia menilai, anak muda seperti Tsamara sudah sepantasnya mengejar pengalaman sebanyak-banyaknya.

"Selagi masih muda Sis, kejarlah pengalaman dan pengetahuan seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya agar kelak ketika pengalaman dan pengetahuan Sis Tsamara semakin bertambah dan bertumbuh tentu akan jauh lebih matang dan lebih jago dalam mengarungi dunia politik," kata Grace di Twitter DPP PSI, Senin (18/4/2022).

Grace menyebut PSI adalah rumah bagi Tsamara, oleh karena itu dia berharap Tsamara bisa pulang kembali ke PSI nantinya.

"PSI ini rumah perjuangan. Oleh karenanya, kelak kalau Sis sudah cukup waktu mengembara di luar sana pulanglah di rumah kita bersama Sis, PSI. Sukses terus untuk Sis Tsamara," kata dia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.