Sukses

3 Alasan PKS Dukung Anies Baswedan Maju Jadi Capres 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menjadi calon presiden atau Capres 2024 diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Kamis 23 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menjadi calon presiden atau Capres 2024 diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Kamis 23 Februari 2023.

Deklarasi mendukung Anies Baswedan itu disampaikan langsung di Kantor DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu memaparkan tiga parameter atau alasan terkait sosok Anies Rasyid Baswedan yang dijadikan sebagai bakal Capres 2024 dari partainya.

"Pertama, PKS memandang Anies sebagai sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis religius. Kita menyaksikan bahkan beliau memiliki darah birunya, karena kakek beliau merupakan pahlawan nasional AR Baswedan," ucap Syaikhu di Kantor DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis 23 Februari 2023.

Kemudian, lanjut dia, alasan kedua, yakni dikarenakan PKS meyakini Anies merupakan sosok pemimpin yang dapat memadukan nilai nasionalis dengan nilai religius menjadi satu kepaduan yang utuh dan tidak terpisahkan.

Menurut Syaikhu, agama menjadi inspirasi bagi nasionalisme, di mana, nasionalisme memuliakan peran-peran agama.

"Dan yang ketiga Anies Rasyid Baswedan memiliki peluang untuk menang dan rekam yang mumpuni untuk membawa perubahan bagi Indonesia dan terbukti oleh kinerja beliau membangun Ibu Kota DKI Jakarta," papar Syaikhu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies Resmi Jadi Capres dari PKS 2024-2029

Sebelumnya, usai resmi dideklarasikan melalui Musyawarah Majelis Syura VIII, Anies Baswedan siap maju sebagai Capres 2024.

Dalam pidatonya, Anies mengungkapkan rasa syukur atas kerja sama yang terjalin bersama PKS. Perjalanan itu bermula dari banyak survei yang menempatkan PKS di urutan ke-3 hingga mampu membawa kemenangan dirinya di Ibu Kota sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Pada waktu itu survei mana pun menempatkan PKS pada nomor 3, tetapi itu tidak membuat ciut PKS dan semua kadernya malah makin semangat dan bekerja keras dan mengantarkan kemenangan di Jakarta," ucap Anies.

Kerja sama yang terjalin antara Anies dan PKS sudah cukup lama dan erat dan meyakinkan dirinya untuk maju sebagai Capres bertujuan untuk membawa perubahan bagi Indonesia.

"Hari ini izinkan dengan kerendahan hati dan dengan menghadapkan ridho dan pertolongan dari Allah kami merasa sangat terhormat untuk secara resmi menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024-2029 dari PKS," ucap Anies.

"Kerjasama bersama PKS sudah terjalin cukup lama, PKS juga mendampingi, mendukung mengawal erat seluruh perjuangan yang ada di Jakarta ikhtiar kita untuk membawa perubahan dan membawa kebahagiaan" sambung dia.

 

3 dari 4 halaman

Resmi Deklarasi Anies Capres 2024, PKS Pasang Baliho

Pantauan Liputan6.com terpantau terpasang baliho yang besar yang ditutupi oleh kain pada awalnya.

Namun, ketika deklarasi disampaikan dan diresmikan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu, lalu kain tersebut dijatuhkan dan menunjukkan baliho yang bertuliskan "Anies Baswedan Untuk Presiden RI 2024,"

Saat penurunan baliho tersebut disambut meriah oleh para relawan dan antusiasme pendukung yang hadir pada acara Deklarasi Musyawarah Majelis Syura PKS VIII pada Kamis 23 Februari 2023.

 

4 dari 4 halaman

Relawan Ungkap NKRI Nyata untuk Anies

Salah satu relawan bernama Mimin berasal dari UMKM Manies mengungkapkan rela jauh-jauh datang untuk menyuarakan dan memberi dukungan penuh untuk Anies Baswedan.

"Jadi saya jauh-jauh kesini dari Tangerang naik kereta karena kita sangat suka dengan Bapak Anies, karena seperti yang kita ketahui bahwa Kinerja Anies di Ibu Kota DKI Jakarta sangat bagus," kata Mimin kepada Liputan6.com.

Mimin mengungkapkan bahwa dirinya bangga memiliki pemimpin seperti Anies Baswedan.

"Walaupun jauh saya tetap semangat berjuang untuk Anies dan menurut saya NKRI Nyata Untuk Terus Bersama Anies," ungkap Mimin.

"Yang penting Bapak Anies Jadi Presiden, untuk wakil saya kembalikan ke Bapak Anies karena beliau dapat memilih sendiri," tutup Mimin menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.