Sukses

PKS Resmi Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Presiden PKS mengatakan, penetapan Anies Baswedan sebagai capres PKS 2024 ini ditetapkan melalui hasil keputusan Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII yang diikuti oleh seluruh kader dari seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 di Kantor DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Aboe Bakar Alhabsy kemudian memasangkan peci kepada Anies sebagai tanda resminya ia diusung PKS sebagai capres di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Ahmad Syaikhu mengatakan, penetapan Anies sebagai capres PKS 2024 ini ditetapkan melalui hasil keputusan Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII yang diikuti oleh seluruh kader PKS dari seluruh Indonesia baik daring maupun luring.

"Kita menyadari bahwa proses perjalanan untuk mencari bakal calon Presiden Republik Indonesia ini memang tahapannya sedemikian panjang dan sudah dilalui secara seksama," kata Syaikhu.

Dia menyebut bahwa DPP PKS telah mendengarkan berbagai masukan-masukan dari berbagai wilayah di Tanah Air. Dia menyampaikan, PKS punya tiga kriteria mengenai calon yang diusung sebagai bakal calon presiden.

Parameter itu antara lain berkarakter nasionalis religius. Kedua dapat menjadi simbol perubahan dan perbaikan. Ketiga sosok yang punya peluang menang yang sangat besar.

"Bahwa tiga parameter yang menjadi guidance (panduan), itu dimiliki oleh Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata dia.

Pada kesempatan ini hadir pula Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Majelis Syura Mohamad Sohibul Iman, Sekretaris Majelis Syura Syauqi Abdul Azis, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Suswono, Ketua Dewan Syariat Pusat PKS Muslih Abdul Karim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiba di DPP PKS Naik Delman, Anies Baswedan Disambut Pakai Palang Pintu

Anies Baswedan tiba di DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan pada Kamis (23/02/2023). Dia naik delman dari kediamannya Lebak Lubus, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, Anies Baswedan tiba di markas PKS itu sekitar pukul 13.40 WIB. Anies datang dengan diarak ratusan kader PKS dengan membawa atribut PKS. Tak hanya itu, beberapa kader juga memainkan gendang marawis sebelum Anies memasuki Kantor DPP PKS.

Terlihat, sejumlah elite PKS menyambut kedatangan Anies Baswedan. Mereka di antaranya Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Aboe Bakar Alhabsy selaku Sekjen DPP PKS.

Setibanya di markas PKS, Anies disambut atraksi Betawi Palang Pintu. Anies ditemani kader PKS DKI Jakarta diantaranya Penasehat PK DKI Khoirudin, Sekretaris 1 PKS DKI Jakarta Mohamad Taufik Zulkifli (MTZ), dan anggota PKS DKI Ismail.

3 dari 3 halaman

Deklarasi Dukungan ke Anies Baswedan Tanpa Nasdem dan Demokrat

Majelis Syura PKS melakukan deklarasi Anies Baswedan sebagai capres 2024, Kamis (23/2/2023). Deklarasi akan dilakukan usai Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII pada 23 Februari 2023 bertempat di Kantor DPTP PKS, Jl. TB. Simatupang, Jakarta Selatan. Deklarasi ini tidak akan dihadiri Nasdem maupun Demokrat. 

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid menegaskan bahwa baik Demokrat maupun Nasdem sudah melakukan deklarasi sendiri-sendiri. Maka, saat ini adalah waktu bagi PKS untuk melakukan hal serupa.

"Deklarasi resmi PKS hari ini, memang diselenggarakan hanya oleh PKS. Bukan berarti tidak diikuti oleh Nasdem dan Partai Demokrat. Sama saja, dulu ketika Nasdem deklarasi juga sendiri, demikian juga ketika Partai Demokrat deklarasi dukung Anies juga sendirian saja," kata HNW, saat dikonfirmasi, pada Kamis (23/2/2023).

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini mengatakan, saat ini deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan baru dilakukan sendiri-sendiri. Hal ini juga sudah disepakati oleh semua partai.

"Sekarang-sekarang ini memang deklarasinya baru di masing-masing Partai. Itu semuanya dimengerti dan disepakati oleh 3 partai yang tetap kompak dan makin solid sebagai pengusung Bacapres Anies Baswedan," jelasnya.

Dia mengungkapkan, deklarasi secara serempak Koalisi Perubahan bakal tetap dilakukan meskipun setiap partai sudah deklarasi.

"Untuk deklarasi bersama 3 partai koalisi akan disepakati dan ditetapkan kemudian," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.