Sukses

Canda Ma'ruf Amin soal Usia: Saya Masih Setengah Baya

Ma'ruf Amin menyampaikan agar para santri dewasa ini jangan memiliki rasa pesimistis dan patah semangat.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin, menghadiri perayaan Hari Santri Nasional di Asrama Haji, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Dalam kesempatan itu, dia sempat bercanda terkait usianya.

Menurut Ma'ruf, usianya tersebut masih setengah baya. Hal ini disampaikannya berdasarkan data dari World Health Organization (WHO).

"Menurut WHO, tua itu dihitung 80. Umur 80-100 tua, 60 sampai 80 disebutnya setengah baya. Jadi, kalau begitu saya belum tua, baru setengah baya kalau menurut WHO," ucap Ma'ruf Amin di lokasi, Selasa (23/10/2018).

Dia lantas mengungkapkan umurnya, untuk membuktikan bahwa dirinya belum berusia tua.

"Sementara saya baru 57, eh 75," canda Ma'ruf yang diikuti tawa oleh yang hadir.

Di sisi lain, dia menyampaikan agar para santri dewasa ini jangan memiliki rasa pesimistis dan patah semangat. Santri harus menatap masa depan yang cerah.

"Santri tidak boleh kecil hati, harus punya masa depan. Harus optimistis. Santri harus bisa jadi apa saja," ungkap Ma'ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersaing di Dunia Internasional

Dia menegaskan, kehadirannya juga untuk memberikan semangat kepada para santri. Agar mereka bisa mengambil teladan dengan cerita di balik peran santri

"Kita menjaga keutuhan bangsa supaya tidak terjadi konflik-konflik di tengah masyarakat. Oleh karena itu, santri harus berada di garda terdepan," jelas Ma'ruf.

Untuk itu, santri tidak hanya bisa menghapal tulisan-tulisan di Al-Qur'an semata. Namun, harus melengkapi dirinya dengan keterampilan lain.

"Tidak hanya bisa membaca huruf Qur'an, huruf yang ada di kitab-kitab, tapi juga tulisan-tulisan, maksudnya situasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat," kata dia.

Kehidupan masyarakat itu, lanjut dia, berskala nasional maupun global, baik politik, ekonomi maupun sosial budaya. Dengan begitu, santri mampu merespons dengan baik.

"Santri sekarang harus menyiapkan diri sesuai tantangan sekarang," kata Ma'ruf Amin.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin