Sukses

Kala Puti Guntur Soekarno Dipuji 2 Pelukis Maestro

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno dipuji oleh dua pelukis maestro Kartika Afandi dan Sukandar atau Cak Kandar.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno dipuji oleh dua pelukis maestro Kartika Afandi dan Sukandar atau Cak Kandar. Mereka memuji bakat melukis yang dimiliki oleh Puti.

Pujian itu diberikan usai Puti Guntur Soekarno menggoreskan kuasnya di atas kanvas putih dan menghasilkan gambar sebuah pemandangan setelah diminta oleh panitia Pameran dan Lelang Lukisan Perjuangan Jawa Timur 2018, di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Dia punya bakat. Hanya untuk meneruskan, perlu kemauan dan kesempatan. Warna hitam putih sudah baik, obyek tidak masalah, asal mengalir dari diri Mbak Puti," ujar Kartika Afandi.

Bakat itu juga dilihat Cak Kandar. Menurut Cak Kandar, dirinya melihat bakat Puti Guntur Soekarno dari cara memegang kuas, menggoreskan cat dengan cepat, serta struktur lukisannya.

"Luar bisa talenta Mbak Puti. Hanya, dia tidak hidup di situ. Sehingga ia mengatakan, amatir," kata Cak Kandar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melukis Pemandangan

Pada awal melukis, Puti mengambil cat hitam lalu membuat goresan di kanvas. Jemarinya bergerak cepat. Tak berapa lama, ia menambahkan sketsa garis biru melintang, menghubungkan satu goresan dan yang lain.

Lalu, di tengah garis biru, Puti menambahkan warna merah. Panitia sebenarnya ingin Puti Guntur membuat sketsa yang nantinya akan diteruskan oleh pelukis lain, namun cucu Bung Karno itu tak berhenti. Ia meneruskan imajinasi di pikirannya.

Perlahan-lahan, sketsa itu terlihat. Nampak dua tebing yang dihubungkan laut biru kemudian di tengahnya ada matahari yang merekah.

Kemudian, Puti berkolaborasi dengan pelukis Aam Rahmansyah. Tangan keduanya saling menambahkan goresan di kanvas. Sekitar 15 menit, terlihat jelas obyeknya. Ada laut biru, dengan matahari merekah di tengah. Seperti ufuk timur.

"Saya suka laut. Lalu ada matahari terbit di ufuk timur. Saya terinspirasi Jawa Timur dan saya ibaratkan Jawa Timur ada di ufuk timur Jawa," kata Puti menjelaskan lukisan karyanya itu.

Ketua Panitia Saleh Ismail Mukadar mengatakan, seluruh hasil lelang lukisan akan diserahkan untuk Puti Guntur Soekarno, yang saat ini tengah berjuang memenangkan Pilkada Jawa Timur.

"Kita serahkan ke Mbak Puti," kata Saleh.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang DH yang juga hadir mengatakan, pameran dan lelang lukisan ini adalah olah kreatif.

"Politik tidak harus panas, tapi politik adalah seni, dan kreatif," tutur Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.