Sukses

Asyik, Nyoblos di TPS Ini Dapat Doorprize

Doorprize yang disediakan bukan berupa perabotan rumah tangga atau kendaraan seperti mobil maupun sepeda motor.

Liputan6.com, Yogyakarta - Banyak cara yang dilakukan sejumlah TPS untuk menggaet para pemilihnya dalam ajang Pilkada. Mulai dari menghias TPS hingga pemberian doorprize kepada mereka yang telah menggunakan hak pilih.

Pemberian doorprize kepada warga yang menggunakan hak pilih itu dilakukan petugas TPS 17 Dusun Balong Kelurahan Donokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di tempat ini tercatat ada 314 DPT.

"Kira iuran untuk doorprize. Tujuannya sebagai hiburan sekaligus menarik warga untuk menggunakan hak pilih," ucap Ketua TPS 17 Dusun Balong, Ahmadi Prasetya, Yogyakarta, Rabu (9/12/2015).

Bentuk doorprize yang disediakan bukan berupa perabotan rumah tangga atau kendaraan seperti mobil maupun sepeda motor. Tapi, doorprize itu berupa hasil bumi seperti nangka, durian, paria, ubi, petai, kelapa, terong, nanas, dan salak.

"Semua hasil dari yang ditanam warga. Ada juga yang beli di pasar, seperti semangka dan garam," ujar Ahmadi.

Menurut dia, langkah ini juga untuk mempopulerkan kembali hasil pertanian warga sehingga nantinya para cabup dan cawabup terpilih peduli urusan dalam peningkatan hasil bumi di daerah Sleman. Sebab, selama ini hasil pertanian warga dihargai rendah di pasaran.

"Harapan kami, yang terpilih nanti dapat memperhatikan petani dan meningkatkan harga hasil pertanian. Agar warga sejahtera," kata Ahmadi

Cara pembagian doorprize di TPS ini setiap warga diberi nomor. Setelah mencoblos, warga diberikan permen. Dalam permen itu ada nomor undian doorprize sesuai hasil bumi yang telah diberi nomor.

Jika beruntung, warga dapat membawa hasil bumi tersebut.

Warga sekitar, Jumiasih (43), beruntung mendapat hadiah doorprize buah nangka berukuran besar. Ia pun dengan senang hati membawa hadiah itu. Ia terkejut karena sebelumnya panitia tidak memberitahukan doorprize ini.

"Alhamdulilah saya dapat Nangka. Saya tidak menyangka, kejutan mas. Lha warga sebelumnya tidak di diberitahu jika ada doorprize," tukas Jumiasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini