Sukses

Banyak Motor Listrik Cina yang Desainnya Dianggap Menjiplak, Ini Kata Yamaha

Perkembangan motor listrik di Indonesia saat ini sudah sangat cukup luas

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan motor listrik di Indonesia saat ini sudah sangat cukup luas. Beragam merek, model dan jenis roda dua ramah lingkungan ini beredar di Tanah Air, termasuk yang berasal dari Cina. Namun, banyak yang menganggap merek motor listrik asal Tiongkok ini menjiplak berbagai desain model yang sudah dipasarkan lebih dulu, termasuk dari Jepang.

Sebut saja merek QCIX EC yang tampilannya mirip dengan Yamaha Qbix. Kemudian, ada juga Rakata Motorcycle yang desainnya sangat mirip dengan NMax.

Menanggapi hal tersebut, Antonius Widiyanto, Assistant General Manager Marketing-Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan pihaknya menunggu keputusan dari prinsipal terkait masalah motor listrik Cina tersebut.

"Ya, kita menunggu dari prinsipal Yamaha, karena pemegang paten itu adalah prinsipal. Jadi, sejauh ini mereka masih melihat," ujar Anton, saat ditemui di Solo, beberapa waktu lalu.

Lanjut Anton, memang tidak hanya Yamaha NMax yang desainnya diduga dijiplak oleh para merek motor listrik, karena ada beberapa model lain dan juga terjadi di beberapa negara selain di Indonesia.

"Artinya, saat ini kita menunggu (langkah) dari prinsipal terkait upaya dan sikap dari mereka. Pasti notice, namun pastinya mempertimbangkan banyak hal," tegasnya.

Selain Yamaha, sebelumnya PT Piaggio Indonesia juga sempat menanggapi terkait banyaknya desain motor listrik yang mirip dengan Vespa. Menurut Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia (PID) Marco Noto La Diega pihaknya tak merasa terganggu dengan kehadiran merek lain yang memiliki desain serupa Vespa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vespa Punya Identitas dan Karakter Khas

Menurutnya, Vespa punya identitas serta karakter yang khas, dan konsumen bisa menilainya secara mandiri.

"Vespa memiliki pusat karakter tersendiri begitu juga merek lain memiliki karakter sendiri. Kita menghargai semuanya yang memang terinspirasi dari karakter Vespa. Walaupun tampilannya mirip, tapi Vespa adalah Vespa ada ciri khas dan konsumen pasti bisa membedakan," kata Marco.

Kehadiran merek lain dengan desain yang punya kemiripan seperti Vespa dijelaskan akan membuat konsumen memiliki banyak pilihan.

Hal ini dinilai positif untuk menggairahkan industri sepeda motor yang memang punya pasar besar di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.