Sukses

Motor Listrik Polytron Fox-R Pecahkan Rekor MURI, Tempuh Jarak Terjauh 1.333 KM Jakarta-Bali

Polytron Fox-R memecahkan rekor MURI sebagai motor listrik yang melakukan perjalanan dengan menempuh jarak terjauh 1.333 km dari Jakarta hingga ke Bali sebagai titik finish.

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik Polytron Fox-R membuktikan diri dapat menjadi pilihan yang praktis untuk touring atau perjalanan jarak jauh. Polytron Fox-R memecahkan rekor MURI sebagai motor listrik yang melakukan perjalanan dengan menempuh jarak terjauh 1.333 km dari Jakarta hingga ke Bali sebagai titik finish.

Pencapaian rekor MURI itu diterima Polytron pada 18 Mei 2024 di Bali. Head of Product Polytron EV Ilman Fachrian Fadly mengatakan, motor listrik Fox-R tidak hanya mencatatkan namanya dalam buku rekor dengan pencapaian MURI, tetapi juga membangun fondasi bagi perjalanan masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Rekor MURI yang diraih motor listrik Polytron Fox-R pada acara ini sebagai pembuktian, bahwa Fox-R dirilis atas dasar utama pada mobilitas ramah lingkungan yang saat ini diperlukan di Indonesia, Fox-R bisa digunakan untuk perjalanan jauh dengan aman dan nyaman, dengan inovasi dan teknologi modern, dan komitmen tinggi dalam memperluas jaringan infrastruktur fast charging station, Fox-R adalah solusi yang komprehensif untuk mobilitas berkelanjutan di masa mendatang.” kata Ilman dalam keterangannya, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, perjalanan meraih rekor MURI ini juga menyoroti kemajuan teknologi pada Fox-R dan infrastruktur fast charging station yang telah dibangun Polytron di banyak wilayah strategis. Mulai dari Jakarta (Jakarta Selatan dan Jakarta Barat), Jawa Barat (Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, dan Cirebon), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Kudus, dan Solo), dan Jawa Timur (Surabaya-Jalan Rungkut, Malang dan Jember), hingga wilayah Bali dan nusantara lainnya yang akan segera dibangun dalam waktu dekat.

Ketika perjalanan dan kehabisan daya saat touring, sambungnya, pengendara dapat menuju pusat pengisian daya Polytron yang tersedia di sepanjang rute atau beristirahat di lokasi tertentu seperti singgah di hotel/gedung yang menyediakan stasiun pengisian ulang. Dengan desain motor listrik Polytron yang kompatibel dengan koneksi steker pada umumnya, pengguna bisa mengisi daya di berbagai tempat yang dilengkapi dengan fasilitas listrik. Hal ini menjadikan perjalanan jarak jauh dengan motor listrik Polytron menjadi lebih nyaman dengan pengaturan waktu isi ulang yang tepat.

Teknologi fast charging yang terdapat di dalam stasiun pengisi daya motor listrik Fox-R sangat mendukung pengisian ulang daya baterai dalam waktu singkat. Dengan mengisi ulang saat istirahat/jeda ketika rute perjalanan, dalam waktu 1 jam dapat menempuh jarak hingga 180 km.

Keamanan juga menjadi perhatian utama dalam perjalanan jarak jauh dengan motor listrik, namun Polytron Fox-R telah membuktikan kehandalan sistem manajemen termal dan baterainya yang tangguh yang dapat mengurangi risiko mogok atau mati mendadak, kebakaran atau ledakan yang mungkin terjadi. Baterai motor listrik Polytron telah bersertifikasi IP67 hasil dari uji yang dilakukan oleh Sucofindo, hal ini memastikan bahwa dalam perjalanan jauh motor listrik Polytron Fox-R aman di segala kondisi cuaca saat ini, yang kadang panas dan berdebu, dan kadang hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi dan Harapan MURI

Pada saat penerimaan penghargaan rekor MURI di Bali, Jodiemotovlog sebagai influencer yang ikut serta dalam perjalanan touring ini mengatakan, "Perjalanan dengan motor listrik Polytron Fox-R adalah pengalaman baru yang luar biasa dan inspiratif, betapa perjalanan sangat menyenangkan, Fox-R mampu melalui tanjakan seperti Alasroban, Tawangmangu, dan Singaraja Gitgit tanpa kendala, aman dan nyaman dikendarai. Melalui ajang touring ini Saya dapat merasakan bahwa motor listrik Fox-R andal melakukan perjalanan jarak jauh, bagi masyarakat jadi tidak perlu ragu lagi, karena Fox-R bisa digunakan untuk dalam kota dan juga andal untuk perjalanan jauh."

Dikesempatan yang sama, Mario Iroth sebagai influencer yang juga hadir dalam ajang touring tersebut mengungkap, "Selama perjalanan sangat menyenangkan dan berharga. Fox-R dirasakan sangat ergonomis dengan posisi jok yang nyaman sehingga bebas dari rasa lelah dan pegal. Desainnya yang sporty, minim getaran, ringan dalam manuver, membuatnya sangat mudah dikendalikan dan nyaman diperjalanan."

Polytron, sambungnya, juga telah melengkapi stasiun pengisian ulang cepat sehingga dalam perjalanan begitu menikmati dan tidak khawatir akan kehabisan baterai. "Keunggulan teknologi baterai LFP yang ada pada Fox-R begitu tangguh dan tahan terhadap ancaman suhu ekstrim. Mari beralih menggunakan kendaraan listrik untuk mobilitas, Fox-R aman dan nyaman untuk perjalanan jauh," ujar Mario Iroth.

Di Bali sebagai titik finish touring, perwakilan dari rekor MURI, turut hadir Triyono selaku Menurut Senior Manager MURI, Triyono, pihaknya telah mencatat dan menyaksikan kegiatan Polytron yang telah berhasil membuat catatan rekor baru terhadap kegiatan 'Perjalanan Motor Listrik Menempuh Jarak Terjauh se-Indonesia dengan jarak berkisar 1.333 km dari Jakarta ke Bali'. "MURI juga mengapresiasi kepada rider yang telah berhasil menjalankan kegiatan tersebut. Harapannya dengan adanya catatan rekor baru ini dapat menginspirasi banyak orang untuk beralih menggunakan kendaraan listrik."

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.