Sukses

Yadea Bangun Pabrik Perakitan di Karawang, Beroperasi 2026

PT Yadea Teknologi Indonesia mulai melakukan pembangunan pabrik barunya di Karawang, Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta - PT Yadea Teknologi Indonesia mulai melakukan pembangunan pabrik barunya di Karawang, Jawa Barat. Bahkan, seremoni peletakan batu pertama fasilitas perakitan pertama jenama asal China ini di Indoensia sudah dilakukan, Senin (13/5/2024).

Pabrik di Karawang tersebut akan menjadi pabrik kedelapan Yadea di seluruh dunia, dan akan menjadi pabrik terbesar merek tersebut di Asia Tenggara yang diagendakan akan mulai beroperasi pada 2026.

"Jadi tahun ini kami akan mencapai 40 persen kandungan lokal (Tingkat Komponen Dalam Negeri/TKDN) dan kami harapkan di tahun 2027 ini bisa mencapai di atas 90 persen, itu target kami,” ujar General Manager Perusahaan Manufaktur Yadea Indonesia, Wang Jinlong, disitat dari Antara, Selasa (14/5/2024).

Pendirian pabrik Yadea di Indonesia, katanya, tidak hanya menunjukkan posisi terdepan di bidang kendaraan roda dua listrik, tapi juga menyuntikkan vitalitas baru ke dalam perkembangan industri Indonesia.

Menurut dia, pendirian pabrik ini akan menciptakan lebih banyak kesempatan kerja secara lokal, mendorong pengembangan rantai industri terkait, dan mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan transportasi yang berkelanjutan.

"Kami berharap Yadea dapat terus memanfaatkan keunggulan teknologinya untuk menyediakan produk kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi ke pasar Indonesia. Pada saat yang sama, kami juga berharap lebih banyak perusahaan akan mengikuti jejak Yadea dan secara aktif berkontribusi pada upaya pembangunan industri dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Ekspor Yadea

Total investasi dalam kegiatan pembangunan pabrik ini diperkirakan sebesar US$ 150 juta.

Dengan peletakan batu pertama hari ini, kata Wang Jinlong, pabrik Yadea siap untuk tidak hanya mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam kendaraan listrik di Indonesia, namun juga untuk menginspirasi gerakan menuju solusi perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

Pabrik baru Yadea di Indonesia ini tidak hanya akan melayani pasar domestik tetapi juga mengekspor produk ke negara-negara tetangga.

Sebab pabrik ini bertujuan untuk menyediakan solusi kendaraan listrik (EV) kelas dunia untuk masyarakat Indonesia, memanfaatkan teknologi inovatif yang memenuhi dan melampaui standar keamanan dan kualitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini