Sukses

Cara Membuat Stiker WA yang Lucu dan Menggemaskan, Bisa Tanpa Aplikasi

Dengan berbagai karakter yang imut dan ekspresi yang menggelitik, stiker WhatsApp mampu menambahkan elemen humor dan kehangatan pada setiap pesan yang dikirim.

Liputan6.com, Jakarta Stiker WA yang lucu dan menggemaskan telah menjadi salah satu cara populer untuk mengekspresikan diri dalam percakapan sehari-hari. Dengan berbagai karakter yang imut dan ekspresi yang menggelitik, stiker-stiker ini mampu menambahkan elemen humor dan kehangatan pada setiap pesan yang dikirim. Tidak heran jika banyak pengguna WhatsApp yang menjadikan koleksi stiker lucu sebagai bagian tak terpisahkan dari komunikasi digital mereka.

Popularitas stiker WA yang lucu dan menggemaskan juga didorong oleh kreativitas para pembuatnya yang selalu menghadirkan desain-desain baru dan segar. Mulai dari karakter binatang yang menggemaskan hingga tokoh-tokoh kartun yang penuh ekspresi, pilihan stiker yang beragam membuat setiap obrolan menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Selain itu, stiker WA yang lucu dan menggemaskan juga sering digunakan untuk meredakan ketegangan atau mencairkan suasana dalam obrolan. Ketika kata-kata terasa kurang cukup untuk menyampaikan perasaan, stiker-stiker ini bisa menjadi jembatan emosional yang efektif. Dengan begitu, komunikasi menjadi lebih ekspresif dan personal, memperkuat hubungan antar pengguna dalam cara yang sederhana namun penuh makna.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat stiker WA yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Stiker WhatsApp di Web dan Desktop

Berikut cara membuat stiker WA di Web dan dekstop, yakni:

  1. Langkah pertama, anda bisa membuka WhatsApp web.
  2. Berikutnya buka salah satu chat pada kontak, bisa akun perorangan atau grup.
  3. Tekan ikon lampiran di bagian bawah layar.
  4. Klik ikon Sticker, ini akan terletak di bagian lampiran Photo & Video.
  5. Setelah itu, pengguna diminta memilih foto yang tersimpan pada perangkat untuk dibuat sebagai stiker.
  6. Dengan foto yang dipilih, bisa lakukan pengeditan. Mulai dari memotong (crop) foto, menuliskan sesuatu di atas stiker, menambahkan emoji dan stiker GIF.
  7. Selesai, stiker siap kamu kirimkan.
3 dari 5 halaman

Cara Membuat Stiker di Aplikasi WhatsApp

Berikut ini cara membuat stiker langsung di aplikasi WhatsApp, yakni:

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp.
  2. Kemudian, pilih salah satu ruang chat.
  3. Selanjutnya, klik ikon stiker.
  4. Anda akan menemukan tombol Create, klik tombol tersebut.
  5. Berikutnya Anda akan masuk ke dalam galeri ponsel. Pilih salah satu foto atau gambar yang ada di sana.
  6. Anda tak perlu repot untuk memotong foto tersebut, karena WhatsApp akan membuatnya.
  7. Berikutnya Anda bisa menambahkan kata, emoji, atau stiker lainnya.
  8. Setelahnya, anda bisa mengeklik tombol send.
  9. Stiker akan terkirim ke ruang chat tadi.
  10. Stiker yang dibuat juga akan tersimpan dalam galeri Sticker WhatsApp.

Selain itu, anda juga bisa mengedit Stiker yang sudah jadi sebelumnya atau lupa diedit. Simak caranya berikut ini:

  1. Langkah pertama anda bisa membuka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke salah satu chat.
  3. Kemudian, klik ikon sticker.
  4. Pilih salah satu sticker yang ingin diedit.
  5. Tekan lama Sticker tersebut, nantinya akan membuka jendela baru.
  6. Di sana akan ada tiga pilihan menu, yakni Add to Favorites, Edit Sticker, dan Remove from Recent. Pilih Edit Sticker untuk mengedit sticker.
4 dari 5 halaman

Syarat Pembuatan Stiker WhatsApp Sendiri

Dalam pembuatan stiker khusus harus memenuhi persyaratan berikut, yakni:

Setiap stiker memiliki latar belakang transparan.

  1. Stiker harus berukuran tepat 512x512 piksel.
  2. Setiap stiker harus berukuran kurang dari 100 KB.
  3. Buat ikon untuk mewakili paket stiker di pemilih atau baki stiker WhatsApp. Gambar ini harus berukuran 96x96 piksel dan kurang dari 50 KB.

Selain persyaratan di atas, ada beberapa hal-hal yang disarankan dalam pembuatan stiker WA. Berikut ini penjelasan saat Anda mendesain stiker:

  1. Stiker akan ditampilkan di berbagai latar belakang, termasuk putih, hitam, berwarna, dan berpola. Direkomendasikan untuk menambahkan garis #FFFFFF berukuran 8 piksel di bagian luar setiap stiker.
  2. Harus ada margin berukuran 16 piksel antara gambar stiker dan tepi kanvas yang berukuran 512x512 piksel.
5 dari 5 halaman

Cara Membuat Stiker WA dengan Aplikasi

Berikut ini terdapat beberapa aplikasi yang bisa anda install untuk membuat stiker WA yang lucu dan menggemaskan, yakni:

1. WhatStickers.in

Aplikasi WhatStickers.in tidak hanya memungkinkan anda membuat stiker dari awal, tetapi juga memberi anda opsi untuk mengunduh beberapa paket stiker yang berbeda. Cukup banyak, ini adalah aplikasi lengkap untuk mereka yang ingin menggunakan dan menyalahgunakan stiker WhatsApp.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa alat yang sangat menarik untuk mengedit gambar. Anda bahkan dapat menggunakan jari anda untuk memilih bagian gambar yang ingin anda gunakan dan memberikan lebih banyak presisi.

2. Stickify

Stickify adalah aplikasi yang sangat sederhana untuk digunakan, terutama jika anda belum pernah menggunakan aplikasi seperti ini untuk membuat stiker di WhatsApp sebelumnya. Aplikasi ni memiliki antarmuka yang sangat sederhana untuk dipahami dan semua alat yang anda butuhkan.

Anda hanya perlu memilih gambar, memilih bagian mana yang akan anda gunakan, dan menerapkan efek yang ingin anda tambahkan. Saat sticker sudah siap, anda dapat dengan mudah menggunakannya dalam obrolan di WhatsApp.

3. MojiPop

Cara membuat stiker WA yang berikutnya dengan menggunakan aplikasi Mojipop. Aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi pembuat stiker WhatsApp lainnya, dimana aplikasi ini dimaksudkan untuk membuat stiker kartun berdasarkan gambar anda.

Anda dapat menggunakan gambar diri sendiri atau gambar apa pun. Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk menyesuaikan stiker yang anda mau. Selain itu hasil sticker yang dibuat dapat digunakan di WhatsApp atau aplikasi media sosial lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.