Sukses

Daftar Motor Listrik Unik di PEVS 2024: Desain Futuristis hingga Performa Tinggi

Hall C1 JIExpo dipenuhi motor-motor listrik yang banyak melibatkan inovasi desain-desain unik pertanda transisi energi dalam bentuk kendaraan futuristik

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta yang akan digelar sampai 5 Mei 2024 nanti memamerkan jajaran kendaraan listrik multi-merek beragam jenis, mulai dari roda enam, roda empat, hingga roda dua.

Hall C1 JIExpo dipenuhi motor-motor listrik yang banyak melibatkan inovasi desain-desain unik pertanda transisi energi dalam bentuk kendaraan futuristik. Tak sedikit darinya turut menyuapi ego akan performa tinggi yang dibangkitkan dari dinamo motor listrik.

Berikut sepeda motor listrik dengan desain unik yang menyorot perhatian di PEVS 2024:

1. vMove Mid West Sporty

Dengan bodi sangat mirip dengan Honda CBR250RR, motor listrik ini mengingatkan kita pada motor listrik yang sempat dinaiki Gibran Rakabuming Raka pada agenda kampanye akbar dirinya bersama Prabowo. Melihat lebih teliti lagi, sebenarnya terdapat beberapa perbedaan kecil kedua motor tersebut, walau memang keduanya berada di bawah nama vMove meski menempatkannya pada sub-merek berbeda.

vMove Mid West Sporty berbekal mesin 5 kW setara 6,7 tenaga kuda yang ditempatkan di tengah untuk menyalurkan tenaga melalui rantai ke roda. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan kecepatan maksimum sekitar 150 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4 detik.

Ditanamkan baterai lithium berkapasitas 72 V/60 Ah, klaim daya jelajahnya berada di 150 km.

Peleknya menggunakan ukuran 17 inci dengan profil roda yang lebih besar di belakang dengan kombinasi 110/70 dan 140/70. Sementara sistem pengereman cakram brembo monoshock dan suspensi hidraulik shock absorber.

Sepeda motor ini dibanderol dengan harga Rp 99 juta di PEVS 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Naxeon IAM.

Dengan desain futuristik berhias LED di sekujur bodinya, sepeda motor listrik ini seakan keluar dari serial fiksi ilmiah. Kokohnya bodi didukung oleh bahan ramah lingkungan dari aluminium dan plastik daur ulang hingga kulit sintesis bio dari gula jagung propanediol.

Sistem kontrol di head unitnya berfungsi seakan kluster instrumen mobil yang bergabung dengan infotainment yang menyediakan informasi umum, navigasi, dan kamera yang dapat terhubung melalui aplikasi di telepon genggam.

Kecanggihan berlanjut ke sistem keamanan anti maling, deteksi titik buta dengan radar gelombang milimeter, sistem pengereman ABS, kontrol traksi, monitor tekanan ban, hingga 4 mode berkendara unik: sail, dynamic, zigzag, dan snail mode. Fitur yang bisa dibilang terlalu banyak untuk sepeda motor.

Menggunakan teknologi baterai terbaru semi-solid-state dengan kapasitas 72 V/63 Ah, daya jelajahnya mencapai 120 km dan dapat ditingkatkan hingga 180 km pada varian Pro.

Dinamo listrik yang dipasang langsung ke roda belakang memberikan tenaga maksimum 8,5 kW atau setara 11,4 tenaga kuda, dengan torsi puncak 240 Nm. Akselerasi 0-50 km/jam dalam 3,5 detik, dengan kecepatan maksimum 95 km/jam. Varian Pro meningkatkan tenaga menjadi 10,5 kW (14 tenaga kuda), torsi 270 Nm, kecepatan maksimum 115 km/jam, dan waktu akselerasi 2,8 detik.

Sayangnya, model ini belum dipasarkan di Indonesia oleh perusahaan yang berpusat di Chongqing, China ini. Salah satu staf mengatakan bahwa mereknya mengikuti pameran untuk mencari partner bisnis ekspansi ke luar. Namun, motor ini bisa dijajal di area test drive PEVS 2024 bagi yang penasaran.

Namun, jangan kaget jika estimasi harga model sepeda motor listrik yang satu ini mulai di bilangan €7.400 alias Rp 127,6 juta.

3 dari 5 halaman

3. vMove Keren Stardust

Masih dengan jenama vMove asal China, namun kali ini dengan pembanding harga yang bak langit dan bumi dengan model sebelumnya, karena vMove Keren Stardust satu ini dibanderol dengan harga Rp 9,99 juta.

Keren Stardust menganut desain unik yang ringkas layaknya skuter autoped yang dilengkapi jok untuk duduk. Dek depannya terbilang luas sehingga tak aneh meliriknya sekilas sebagai autoped, lalu dengan aksen transparan di bagian cover panel dan di spakbor roda belakangnya yang membalut setengah bagian roda.

Mengenakan baterai Lithium 48 V/24 Ah, daya jelajahnya mencapai 70 km. Skutik ini menggunakan dinamo listrik bertenaga 900 Watt yang ditempatkan langsung di roda belakang untuk memutar roda dengan sistem hub drive yang mampu membawanya secepat 45 km/jam.

Peleknya berukuran 10 inci dengan dukungan sistem rem cakram.

4. Rakata NX8

Mengecoh dengan nama Jepang, jangan salah, Rakata adalah merek lokal. NX8 yang telah diperbarui ini tetap bergaya macho layaknya motor sport.

Kini dengan sistem hub drive yang meletakkan dinamo langsung di roda belakangnya yang mampu mengeluarkan daya 2 kW atau setara 2,7 tenaga kuda yang mampu memacu motor ini hingga kecepatan maksimum 80 km/jam.

Dibekali baterai Li-ion 72 V/50 Ah yang ditanam, daya jelajah motor jantan dengan tangki tak berbensin di depannya menjadi 130 km.

Profil rodanya lebih besar di belakang dengan 110/70 dan 140/70 dengan pelek 17 inci. Sistem pengeremannya menganut rem cakram di kedua roda.

4 dari 5 halaman

5. vMove Mid West Rhodes

Kembali ke seri Mid West milik vMove, kali ini banderolannya berada di Rp 69,99 juta untuk versi atasnya. Rhodes terlihat seakan mendesain ulang Harley-Davidson Forty Eight yang kini tak lagi memiliki sistem pembuangan knalpot ganas dan mesin besar V-twin miliknya. Jok juga ditinggalkan melayang di atas spakbor mengandalkan suspensi dobel di belakangnya.

Uniknya, slot mesin V-twin kini kosong melompong yang akan mencolok pandangan orang-orang penyaksinya.

Layaknya Harley yang profil depannya lebih tinggi, roda milik Rhodes lebih besar di depan dengan pelek 17 inci untuk mengakomodir ban 140/70 dan 13 inci di belakangnya yang mengakomodir ban 215/40.

Kemudian di roda belakangnya disematkan dinamo bertenaga 3 kW atau setara 4 tenaga kuda yang mampu membawa motor ini melaju hingga kecepatan maksimum hanya 45 km/jam.

Dibekali baterai berkapasitas 60 V/45 Ah, Rhodes dapat menempuh jarak hingga 100 km.

6. Keeway EV KL5000ST

Terakhir ada model baru Keeway EV KL5000ST bergaya sporty khas motor trail yang diringkas dengan balutan frame alumunium kokoh di segala sisi.

Jantung pacunya berada di tengah dengan motor berdaya maksimum 11 kW atau setara dengan 14,75 tenaga kuda dan torsi 320 Nm, yang disalurkan melalui rantai ke dua roda. Motor ini mampu dikebut hingga kecepatan 90 km/jam.

Roda depannya memiliki profil lebih besar, 80/100 19 inci, sementara roda belakangnya 90/90 18 inci dengan dukungan sistem pengereman hidraulik CBS. Sementara suspensinya menganut converted di bagian depan dan central di belakang.

Ditenagai baterai ganda Lithium NMC 72 V/30 Ah, motor ini tahan menempuh jarak hingga 120 km.

Sistem canggih juga tersemat di dalamnya yang memungkinkan menyalakan atau mematikan motor tanpa kunci, hanya melalui ponsel yang terunduh aplikasi Keeway.

Model ini dapat ditebus dengan dana Rp 113 juta.

5 dari 5 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.