Sukses

Makna Evaluasi Diri bagi Christy, Freya, dan Zee JKT48

Biasanya orang-orang membuat resolusi yang akan dicapai di tahun tersebut di awal tahun. Namun, kebanyakan terlalu fokus kepada resolusi saja dan mengesampingkan refleksi dan evaluasi diri sepanjang proses berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap awal tahun, biasanya orang-orang membuat resolusi yang akan dicapai di tahun tersebut. Namun, kebanyakan terlalu fokus kepada resolusi saja dan mengesampingkan refleksi dan evaluasi diri, padahal hal itu membantu kita memperbaiki diri ke depannya. 

Dalam acara konferensi pers "6.6 Great Mid Year Sale: Refleksikan Capaian dan Menetapkan Kembali Impian" yang berlangsung pada Rabu, 15 Mei 2024, di Jakarta, member JKT48 pun meyakini bahwa evaluasi diri itu sangat penting. Bagi para member JKT48, evaluasi membantu memahami kemajuan mereka, mengidentifikasi hal mana yang perlu ditingkatkan, dan menetapkan tujuan baru untuk masa depan.

"Bagi aku, evaluasi tengah tahun itu adalah sesuatu yang penting untuk kemajuan aku sendiri. Aku juga kan perform, dan aku adalah tipe yang harus evaluasi diri aku apakah aku ini sudah cukup, atau apakah harus upgrade diri aku," ujar Zee JKT48.

Selain Zee, Freya JKT48 juga turut memberikan pandangannya mengenai makna evaluasi diri, khususnya di tengah tahun. Baginya, evaluasi tengah tahun itu bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan oleh semua orang, apalagi untuk seorang remaja.

"Apalagi kalau remaja itu suka denial sama kekurangan sendiri. Tapi selain sebagai evaluasi, menurut aku ini penting juga untuk rehat sejenak agar ke depannya bisa lebih memperbaiki diri lagi," kata Freya JKT48.

Christy JKT48 juga mengatakan bahwa evaluasi tengah tahun itu kadang dianggap sepele oleh banyak orang, padahal tengah tahun ini menjadi titik di mana kita mengetahui langkah kita. "Apakah kita berada di langkah yang benar atau kita berada di langkah yang salah," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Evaluasi Diri ala Member JKT48

Evaluasi diri adalah kunci untuk pertumbuhan dan perkembangan di masa depan. Hal ini memungkinkan kita untuk selalu tampil menjadi versi terbaik dari diri kita. Dalam proses evaluasi dirinya, para member JKT48 juga membagikan beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi.

"Dukungan dari lingkungan di sekitar kita juga mempengaruhi banget sih. Sebagai public figure, pastinya kita membutuhkan orang-orang yang men-support kita, dan memberi dukungan yang positif," ujar Christy JKT48.

Berbeda dari Christy, dalam proses mengevaluasi dirinya,  Zee JKT48 membuat check-list untuk setengah tahun. Dalam check-list tersebut, Zee akan melihat apakah dia sudah puas dengan pencapaiannya, serta apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya.

Sedangkan untuk Freya JKT48, dia sering mengevaluasi penampilannya setiap perform. Dia akan meminta bantuan staf untuk membantunya mengevaluasi bagian mana yang kurang dan perlu ditingkatkan.

"Kekurangan-kekurangan aku tuh apa aja sih, karena kita juga tidak bisa terus menerus terlena dengan pujian-pujian orang nanti enggak maju-maju," ucap Freya JKT48. "Aku terbuka untuk kritik karena itu juga untuk memperbaiki diri sendiri," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Pesan-pesan Member JKT48 untuk Evaluasi Diri

Dalam proses evaluasi diri, seringkali kita mengalami stuck yang akhirnya menyebabkan kita menyerah begitu saja. Bagi Anda yang sedang berada di situasi ini, pesan-pesan dari para member JKT48 ini mungkin bisa membantu Anda kembali merencanakan mimpi-mimpi.

Menurut Freya, jika kita sudah mulai merasa stuck atau kehilangan arah, harus kembali ke akar-akar impian kita. Selain itu, kita harus mengingat motivasi-motivasi awal kita. 

"Kita juga harus masuk ke dalam lingkungan yang mendukung dan positif, karena lingkungan tuh ngaruh banget untuk pribadi seseorang. Jadi menurut aku itu, penting juga dan terus semangat karena usaha tidak akan mengkhianati hasil," jelas Freya.

Christy juga memberikan pesan bahwa kita harus terus melangkah, meskipun hanya langkah-langkah kecil. Kita juga harus ingat bahwa kita tidak pernah sendiri, ada banyak orang di samping kita. "Jangan takut untuk mencari inspirasi ke banyak orang dan jangan takut untuk mencoba hal baru," katanya.

Tidak hanya Freya dan Christy, Zee juga berpesan bahwa jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Zee juga mengatakan bahwa kita harus bersyukur kita bisa melangkah sejauh ini.

"Sayang banget kalau impian kita udah di depan mata, tapi malah jadi stuck dan menyerah begitu saja," ungkap Zee.

4 dari 4 halaman

Apa itu Evaluasi Diri?

Mengutip Kanal Citizen6 Liputan6.com pada Rabu (15/5/2024), evaluasi diri merupakan penilaian terhadap kinerja diri sendiri yang dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau tahunan. Menulis tentang diri sendiri mungkin bisa menjadi hal yang menakutkan, namun itu penting dilakukan. Berikut beberapa cara mengevaluasi diri yang bisa Anda lakukan:

1. Jawab Pertanyaan tentang Dirimu dengan Jujur

Cobalah jawab pertanyaan seperti, "Seberapa baik Anda berkomunikasi selama ini?" "Seberapa baik kamu menyelesaikan tugasmu?" dan "Apa yang telah kamu capai hingga akhir tahun ini?" Dengan membiasakan diri untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur, akan memudahkan kamu untuk merefleksikan pencapaianmu dan memikirkan apa yang bisa Anda pikirkan dan lakukan.

 2. Sorot Pencapaian Dirimu

Menyoroti diri sendiri merupakan kesempatan yang berharga bagi dirimu. Lihatlah seberapa banyak proyek yang selesai lebih cepat dari jadwal, hubungan yang bermanfaat, dan proses yang telah Anda lakukan, beranilah untuk membagikan itu semua. Pastikanlah orang-orang sekitarmu memiliki pemahaman yang baik tentang di mana Anda mendapatkan kemenangan tersebut karena terkadang hal itu tidak terdeteksi.

3. Mengakui Kelemahan dan Caramu Bertumbuh

Bila Anda telah melakukan kesalahan yang besar, akuilah kesalahan tersebut dan pastikan untuk mendiskusikan apa yang telah Anda pelajari dari kesalahan tersebut. Kemungkinan besar orang lain mengetahui bahwa Anda melakukan kesalahan dan mengungkitnya tanpa memberimu kesempatan untuk menjelaskan kesalahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.