Sukses

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Indonesia Lewat Pameran IEMS 2024

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Kick Off Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024

Liputan6.com, Jakarta - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Kick Off Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024. Seperti tahun sebelumnya, pameran kendaraan listrik yang sudah digelar kelima kalinya ini, akan Kembali diintegrasikan dalam acara Indonesia Reseach and Innovation Expo 2024 (InaRI Expo 2024).

Pameran IEMS 2024 ini, merupakan bentuk dukungan BRIN bersama perusahaan, pemangku kepentingan, produsen kendaraan listrik dan industri komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Selain pameran, dalam acara ini akan digelar Pameran, Seminar, Product Presentation, Workshop, Test Drive & Ride Kendaraan Listrik, dan Konvoi Kendaraan Listrik 'Langit Biru'.

Acara ini juga menjadi platform untuk melakukan penjualan atau transaksi kendaraan listrik.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS bertujuan untuk mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk terus berkomitmen dalam mensosialisasikan inovasi dan teknologi kendaraan listrik terkini kepada masyarakat Indonesia.

 

"Terkait hal itu, BRIN mengajak seluruh stakeholders, produsen, industri dan perusahaan pendukung kendaraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk berpartisipasi menyukseskan IEMS 2024," ujar Handoko, dalam keterangan resminya, Senin (29/4/2024).

Pameran IEMS 2024 yang akan dihelat pada 8-11 Agustus 2024, bertempat di Gedung ICC, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, BRIN Cibinong, yang memiliki konsep pameran indoor-outdoor dengan Hall Gedung ICC sebagai pusat dari seluruh kegiatan IEMS 2023.

"Langkah ini merupakan terobosan dari BRIN sebagai pendukung utama dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang peran penelitian dalam mendukung berbagai program pembangunan nasional dalam upaya meningkatkan akses masyarakat dan stakeholder untuk berkolaborasi dengan para peneliti BRIN, seperti inovasi kendaraan listrik," tegas Handoko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Industri EV di Indonesia

Dalam IEMS 2024 juga akan kembali menggelar Konvoi Kendaraan Listrik Langit Biru untuk kendaraan listrik roda dua dan roda empat.

Selain itu, dalam pameran ini juga akan memberikan berbagai apresiasi atau penghargaan bagi para peserta pameran sesuai kategori. Hal ini ini untuk mendorong para produsen kendaraan listrik.

"Sebab produk kendaraan listrik sudah banyak diproduksi oleh produsen lokal. Khususnya untuk roda dua. Apresiasi ini sebagai salah satu upaya BRIN mendukung agar produk lokal dapat lebih berkiprah di industri kendaraan listrik," pungkas Handoko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.